Pesantren Al-Hidayah Sidoarjo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Hidayah Sidoarjo

Profil
Pondok Pesantren Al Hidayah dirintis di desa Ketegan oleh KH. Ma’shum Ahmad pada tanggal 15 Muharram 1395 H bertepatan dengan tanggal 28 Januari 1975 M. Berdirinya Pondok Pesantren ini di latar belakangi oleh upaya untuk mengamalkan ilmu yang beliau miliki sekaligus menyediakan fasilitas pendidikan yang bernuansa agamis bagi masyarakat desa Ketegan dan sekitarnya. Namun pada perkembangan selanjutnya ternyata banyak juga masyarakat dari luar daerah Sidoarjo yang datang untuk menuntut ilmu di Pesantren ini.

Sebelumnya masjid ini hanya digunakan  untuk  tempat  peribadatan penduduk setempat, setelah Kyai Ma‟shum berdomisilin di desa Ketegan beliau menggunakan masjid tersebut  tidak  hanya sebagai tempat peribadatan semata tetapi digunakan juga sebagai tempat dakwah melaluhi pengajian-pengajian kitab kuning. Setelah Madrasah Diniyah  berdiri, beliau mulai terfikir tentang mendirikan pembelajaran formal, hingga akhinya pada tahun 1994 beliau mendirikan Madrasah Aliyah Salafiyah.

Pada  tahun 1996 beliau wafat, hingga akhirnya Pondok Pesantren Al Hidayah diteruskan oleh KH. M. Syafi‟ Misbah  (keponakan  beliau). setelah beberapa tahun pemimpin  terfikir di benak beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, sebelumnya santri jenjang MTs bersekolah di Madrasah umum yang bukan termasuk naungan Pondok Pesantren Al Hidayah, pada tahun 2002 beliau mendirikan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.