Misi Teknologi NASA Terbaru Berhasil Diluncurkan dengan Roket Falcon Heavy

 
Misi Teknologi NASA Terbaru Berhasil Diluncurkan dengan Roket Falcon Heavy

LADUNI.ID, Florida - Misi demonstrasi teknologi NASA untuk membantu membawa astronaut Amerika Serikat ke Mars berhasil diluncurkan oleh SpaceX menggunakan roket Falcon Heavy. Tujuan dari peluncuran roket ini adalah untuk melihat lingkungan luar angkasa di sekitar Bumi dan bagaimana dampaknya terhadap makhluk hidup (manusia) yang ada di permukaan bumi.

Roket ini bersama astronaut Amerika Serikat diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA di Florida, Amerika Serikat, pada hari Rabu (26/6) pukul 02.30 pagi waktu setempat. Percobaan ini merupakan bagian dari peluncuran Space Test Program-2 (STP-2) Departemen Pertahanan. 

Seperti dilansir laman resmi NASA, Jim Ruter, Direktorat Misi Teknologi Antariksa, menyebutkan "Peluncuran ini adalah kemitraan sejati antara pemerintah AS dan industri serta menandai pencapaian luar biasa bagi Pusat Angkatan Udara dan Sistem Rudal AS." 

Peluncuran roket Falcon Heavy ini, selain untuk membantu membawa astronaut AS ke permukaan Mars, namun juga bertujuan untuk merancang pesawat ruang angkasa yang lebih cerdas dengan memberikan dukungan terkait efek radiasi di ruang angkasa, sehingga dapat menguji jam atom yang bisa mengubah cara navigasi pesawat antariksa. Kemudian NASA juga memuat teknologi mutakhir yang dapat memungkinkan navigasi seperti GPS di Bulan dan Mars. Demikian seperti dikutip dari laman resmi NASA.

Para ilmuan NASA juga menjelaskan bahwa mereka akan memulai untuk mengumpulkan data melalui hasil peluncuran roket Falcon Heavy dan memerlukan waktu sekitar satu tahun untuk mematangkan teknologi dan mengumpulkan data sains bagi masing-masing komponen misi teknologi tersebut.