Pesantren Al-Musyarrofah Cianjur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Musyarrofah Cianjur

Profil

Pondok pesantren Al-Musayrrofah berdiri pertama kali diperkirakan sekitar tahun 1833 M. oleh seorang Ulama yang shalih bernama Syaikh Tb. Abdullah Umar Syarifuddin yang nasabnya dari jalur ibu bersambung dengan syaikh Abdul Muhyi Pamijahan sampai ke Sunan Giri dan dari jalur Ayah bersambung dengan syaikh Manshuruddin Cikaduen sampa ke Sunan Gunung Jati, beliau dikenal sangat ‘alim dan luas ilmunya.

Selain seorang Ulama Beliau juga dikenal sebagai pejuang yang membela agama dan tanah airnya dari rongrongan penjajah waktu itu, hal ini dibuktikan dengan perjuangan beliau dalam mendidik generasi bangsa agar tampil menjadi umat yang ter terbaik dalam segala bidang terutama dalam hal ilmu, amal dan ibadah.

Masyarakat sekitar daerah Ciwalen merasa senang memiliki Penuntun Agama yang mengajari mereka banyak hal, apalagi Syaikh Tb. Abdullah Umar Syarifuddin dikenal memiliki ilmu kanuragan yang luar biasa sakti. Seiring berjalannya waktu ternyata banyak yang mengetahui ke’aliman dan keulamaan Beliau, sehingga banyak orang berdatangan dari berbagai wilayah yang jauh untuk menimba ilmu dan belajar Agama kepada Beliau.

Bahkan sampai waktu yang sangat lama mereka berkhidmat kepada Agama dan berguru kepada Beliau. Kemampuan sang Guru pergi santrinya senantiasa menyertai sepenuh hati.

Maka Beiluaupun  mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam pada waktu itu yaitu Pondok Pesantren yang terletak di wilayah Ciwalen kecamatan Warungkondang yang ektika itu menjadi daerah kekuasaan Kesultanan Cikundul Cianjur.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.