Tanda-tanda Keberadaan Air di Planet Mars

 
Tanda-tanda Keberadaan Air di Planet Mars

LADUNI.ID, Washington, D.C - Senyawa kimia metana diketahui ditemukan di planet Mars, dan saat ini dilaporan jumlah metana tersebut mengalami peningkatan 10 kali lipat dibandingkan sebelumnya di sekitar atmosfer planet merah ini. Hal ini sebagaimana diukur oleh Robot penjelajah Mars, Curiosity, milik NASA.

Salah satu faktor munculnya senyawa metana adalah adanya interaksi air dan batuan. Sebagaimana diungkapkan oleh Sushil Atreya of the University of Michigan, Ann Arbor, dan tim rover Curiosity, yaitu "Peningkatan metana yang tiba-tiba naik dan kembali turun menunjukkan pasti ada sumber yang relatif lokal, "Ada banyak kemungkinan sumber, biologis ataupun non-biologis, seperti interaksi air dan batuan."

Sehingga timbullah kesimpulan bahwa diperkirakan adanya sumber air yang mengalir dibawah permukaan Mars dan menguap menjadi metana setelah bersenyawa dengan mikroba dan batuan. Dengan adanya sumber air menandakan adanya sumber kehidupan yang kemungkinan dapat terjadi di sana.

Para ilmuan memperkirakan di planet Mars terdapat sekitar 21 bagian jumlah metana per miliar unit berdasarkan satuan volume (ppbv). Artinya dalam satu ppbv atmosfer di planet Mars adalah satu per sejuta volume udara itu terdiri dari metana.

Sementara itu, Sebagaimana dilansir dari Laman Resmi NASA, Kepala Investigasi SAM Paul Mahaffy dari Goddard Spaceflight Center NASA di Greenbelt, Maryland, menjelaskan bahwa "Hingga saat ini, kami tidak memiliki cara untuk mengetahui metana adalah biologi atau geologi, bahkan kuno atau modern." 

Pada tahun 2030 mendatang, Tim NASA mempersiapkan penjelajahan kembali ke Mars menggunakan robot Curiosity dimana JPL mengelola investigasi sains Curiosity untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington D.C. Sedangkan Caltech mengelola Jet Propulsion Laboratory di California.