Perang Dagang Amerika Serikat-China Mulai Kendur

 
Perang Dagang Amerika Serikat-China Mulai Kendur

LADUNI. ID, INTERNASIONAL - Beberapa bulan silam perang dagang China-Amerika Serikat begitu menghangat,  kini ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sedikit mengendur setelah kedua pemimpin negara bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang.

Seusai pertemuan dua pemimpin dua kepala negara tersebut, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menegaskan akan mengurangi ketegangan atas perang dagang dengan meningkatkan kerja sama lebih lanjut. 

“Kami telah mendiskusikan banyak hal dan akan kembali ke rencana awal,” ujar Trump kepada awak media seperti dikutip The New York Times. Pernyataan tersebut diharapkan dapat meredam dampak perang dagang antarkedua negara yang telah berlangsung setahun lebih

Kedua raksasa ekonomi dunia itu sepakat akan merundingkan kembali isu perang dagang yang telah membuat tatanan perekonomian global mengalami guncangan. 

Selama itu AS dan China bersitegang dan saling menetapkan tarif impor yang berdampak pada terganggunya perdagangan kedua negara. Tak hanya itu, perang dagang juga telah menyebabkan korporasi di kedua negara mengeluarkan protes karena merasa dirugikan.