Biografi Prof. Dr. KH. Abdul Mukti Ali

 
Biografi Prof. Dr. KH. Abdul Mukti Ali
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi Prof. Dr. KH. Abdul Mukti Ali

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Menjabat Menteri Agama
  5. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

Prof. Dr. KH. Abdul Mukti Ali lahir pada 23 Agustus 1923 di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Beliau merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara, dari pasangan KH. Idris atau KH. Abu Ali (nama yang digunakan setelah menunaikan haji) seorang pedagang tembakau yang cukup sukses dengan Mutiah, atau Hj. Khodijah (nama yang digunakan setelah menunaikan haji) seorang saudagar kain.

Kiyai Mukti Ali memiliki nama kecil Soedjono (Sujono), namun sumber lain ada yang menyebutkan Boedjono (Bujono). Sedangkan nama Abdul Mukti Ali sendiri didapat dari pemberian KH. Hamid Pasuruan ketika menjadi gurunya.

Wafat

Prof. Dr. KH. Abdul Mukti Ali meninggal dunia dalam usia 81 tahun pada 5 Mei 2004, sekitar pukul 17.30 di Rumah Sakit Umum Dr. Sardjito, Yogyakarta. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga di Desa Kadisoko, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Beliau meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan empat orang cucu. Diceritakan bahwa istri beliau, Siti Asmadah menganggap Kiyai Mukti sebagai sosok suami yang sangat sabar. Dalam sebuah kesempatan ia mengatakan,

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya