Militer China Melakukan Tes Rudal di Laut China Selatan

 
Militer China Melakukan Tes Rudal di Laut China Selatan

LADUNI.ID, INTERNASIONAL  - Aktifitas militer China yang sedang melakukan serangkaian uji coba rudal balistik anti-kapal di perairan Laut China Selatan yang disengketakan diketahui oleh pejabat Amerika Serikat. 

Hal ini sebagaimana diungkapkan dua pejabat Amerika Serikat (AS) yang mengetahui aktivitas itu mengungkapnya, Selasa (2/7/2019).

Disebutkan, uji coba pertama dilakukan selama akhir pekan lalu dengan menembakkan setidaknya satu rudal ke laut. Salah satu pejabat AS yang berbicara dalam kondisi anonim mengatakan uji coba senjata anti-kapal itu kemungkinan akan terus berlangsung sampai hari Rabu (3/7/2019) besok.

Militer AS memiliki kapal di Laut China Selatan, namun enggan mendekati lokasi tes misil sejak akhir pekan lalu. Pejabat tersebut memastikan kapal militer Washington tidak berada dalam bahaya.

Kendati demikian, imbuh pejabat AS, tes rudal balistik anti-kapal oleh militer Beijing itu mengkhawatirkan. Kedua pejabat Washington tersebut tidak berwenang untuk berbicara tentang uji coba senjata tersebut, tidak dapat memastikan apakah rudal anti-kapal yang diuji mewakili kemampuan baru militer Beijing.

Pentagon belum menanggapi permintaan komentar yang diajukan CNBC dan NBC.

Uji coba senjata di Laut China Selatan itu berlangsung ketika AS dan China meredakan ketegangan terkait perang dagang yang sedang berlangsung. Di sela-sela KTT G-20 di Jepang pada akhir pekan lalu, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat untuk memulai kembali perundingan dan tidak mengenakan tarif baru pada barang masing-masing.