Hizbullah Kini Dimasukkan sebagai Organisasi Teroris di Argentina

 
Hizbullah Kini Dimasukkan sebagai Organisasi Teroris di Argentina

LADUNI. ID, INTERNASIONAL -Salah satu organisasi yang berpusat di Lebanon,  Hizbullah kini dimasukkan sebagai organisasi teroris dan memerintahkan pembekuan aset kelompok yang berbasis di Argentina, pada Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut Argentina menyalahkan kelompok Hizbullah atas dua serangan di negara itu.  Hal ini Penetapan itu bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ketika negara itu memperingati 25 tahun pemboman mematikan sebuah pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires di mana 85 orang tewas.

Argentina mengarahkan telunjuknya ke Iran dan Hizbullah sebagai pihak yang bertanggung jawab ata serangan itu. Namun keduanya menyangkal bertanggung jawab.

Argentina juga menyalahkan Hizbullah atas serangan terhadap kedutaan Israel di Buenos Aires pada tahun 1992 yang menewaskan 29 orang.

Unit Informasi Keuangan pemerintah Argentina, memerintahkan pembekuan aset anggota Hizbullah dan organisasi tersebut sehari setelah negara itu membuat daftar baru untuk orang dan entitas yang terkait dengan terorisme.

"Saat ini, Hizbullah terus mewakili ancaman saat ini terhadap keamanan dan integritas tatanan ekonomi dan keuangan Republik Argentina," kata unit itu dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters.

Pembekuan aset secara otomatis menempatkan Hizbullah pada buku catatan Argentina, menunjuknya sebagai organisasi teroris, ucap sumber pemerintah dengan pengetahuan langsung tentang tindakan yang telah dikonfirmasi itu. Penetapan itu adalah yang pertama dilakukan oleh negara di Amerika Latin.