Biografi Tgk. H. Abdullah Tanjong Bungong

 
Biografi Tgk. H. Abdullah Tanjong Bungong

Daftar Isi Tgk. H. Abdullah Tanjong Bungong

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mengasuh Dayah Tanjong Bungong
  4. Ahli Falak
  5. Isbat Menyatukan Umat
  6. Karya-Karya

Kelahiran

Tgk. H. Abdullah atau yang kerap disapa dengan Tgk. H. Abdullah Tanjong Bungong lahir pada 7 Muharram 1359 H. atau akhir tahun 1940 M, di Desa Tanjong Bungong, Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (sebelumnya Kabupaten Pidie). Beliau merupakan putra Tgk. H. Ibrahim bin Muhammad

Orang tuanya berasal dari Panteue Brueh, Tanah Luas Aceh Utara, yang kemudian kawin ke Ulee Gle dan mendirikan dayah Tanjong Bungong di Ulee Gle Kecamatan Bandar Dua.

Pendidikan

Tgk. H. Abdullah memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada orang tuanya di dayah Tanjong Bungong pimpinan ayahnya. Tahun 1946, beliau masuk pendidikan formal pada sekolah SRI. Mejelang tahun 1950 masuk sekolah SR di Ulee Gle, dan lulus tahun 1953.

Kemudian melanjutkan pendidikan agamanya ke dayah Gampong Muelum Samalanga. Dua tahun belajar di dayah ini, orang tuanya Tgk. Ibrahim meninggal dunia tahun 1955. Tak lama setelah itu, Tgk. Abdullah meneruskan pendidikannya ke pesantren Madinatul Ma’arif Aron Lhokseumawe pimpinan seorang ulama besar Tgk. Syafi’i. Tgk. Syafi’i ini adalah menantu dari Tgk. Hasan Kumbang  (kakek dari Tgk. Muhammad Dewi) salah seorang ulama kharismatik Aceh ketika itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya