Erdogan Marah karena Roket Kelompok Kurdi Suriah Hantam Perbatasan Turki

 
Erdogan Marah karena Roket Kelompok Kurdi Suriah Hantam Perbatasan Turki

LADUNI.ID, Turki menyatakan dua buah roket yang diluncurkan dari wilayah Suriah menghantam Kota Ceylanpinar di dekat perbatasan kedua negara, Senin (22/7). Akibat insiden lima warga sipil luka-luka.

Kelima korban insiden itu dilaporkan mengalami luka ringan. Kementerian Pertahanan Turki menuturkan satu dari dua roket yang diluncurkan Suriah menghancurkan sebuah rumah di Ceylanpinar, Provinsi Sanliurfa sekitar Senin malam.

Kantor Pemerintah Provinsi Sanliurfa menuturkan kelima orang itu segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Turki dan sejumlah media lokal lainnya melaporkan ada enam orang yang terluka dalam insiden itu, termasuk seorang anak-anak.

Merespons serangan roket, Kemhan Turki menuturkan angkatan bersenjatanya telah menghancurkan tujuh target di wilayah Suriah.

Hingga kini, belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas roket tersebut. Belum jelas pula dari mana asal roket itu berasal.

Kelompok Kurdi Suriah (YPG) yang menguasai bagian timur laut dan utara Suriah diduga merupakan pelakunya. Pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan menganggap kelompok YPG sebagai "teroris" yang berafiliasi dengan pemberontak Kurdi di Turki.

Kelompok YPG adalah sekutu Amerika Serikat dalam melawan kelompok teroris ISIS.

Turki sejauh ini tercatat telah meluncurkan dua operasi militer terhadap ISIS dan YPG di utara Suriah, masing-masing pada 2016 dan 2018. Belakangan, Ankara berencana meningkatkan operasi militernya terhadap YPG.