Pesantren Ar-ridwan Bekasi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Ar-ridwan Bekasi

Profil

Pesantren Ar-ridwan adalah salah satu pesantren yang terletak di kampung Pedurenan Gg. H.Longkot Kel.Jatiluhur Jatiasih Kota Bekasi. Pesantren Ar-ridwan didirikan bermula atas dasar gagasan K.H.Abdul Muqsit, Pimpinan Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Sedayu Gresik Jawa Timur,dari pesantren inilah yang nantinya dijadikan standar untuk memacu proses pengajaran Al-qur’an di Ar-ridwan. Pada saat itu tepatnya pada tahun 1995 tak sedikit anak dimasa usia TK, SD dari lingkungan Jabodetabek yang menimba Ilmu Al-qur’an di sedayu Gresik, termasuk didalamnya adalah Putra dari K.H.Zaenal Abidin,S.Ag.dan Putri dari Ustad.Drs.H.M.Romli.

Dengan berbekal gagasan dari Bapak KH.Abdul Muqsit yang menyatakan dari pada banyak santri yang jauh dari Jabotabek datang ke pesantren ini lebih baik kalian mendirikan pesantren anak-anak dilingkungan Jabotabek agar lebih dekat. Maka beliau berdua mencari lokasi yang  tepat dan mencari orang yang mau dijadikan donatur Pesantren Ar-ridwan yaitu Bapak H.Eddy Pramono,SE dan disaksikan oleh Bapak H.Asja sebagai ketua RT pada waktu itu. Lalu mereka musyawarah untuk mendirikan Pesantren, maka pertama kali pesantren ini di beri nama AL-USWAH, dan sebagai Ketua Yayasan adalah Bapak H.Eddy Pramono,SE.

Pada tanggal 19 April 1995 berdirilah lembaga Islam yang diberi nama Pesantren Al-Qur’an anak-anak Al-Uswah dibawah naungan Yayasan Al-Uswah. Pesantren ini pada mulanya di khususkan untuk anak-anak usia 5-6 tahun (usia TK dan SD). Diberinya nama Al-Uswah pada pesantren ini dengan alasan agar kelak putra-putri Al-uswah menjadi santri teladan bagi orang lain dimana anak-anak tersebut sejak dini dibekali Ilmu Agama ,keimanan dan ketaqwaan dengan bersumber dari ajaran agama Islam khususnya dari Al-qur’an.
 
Dari tahun ke tahun pesantren ini mengalami perkembangan dan juga perubahan nama. Pada tanggal 4 April 2001 pesantren Al-uswah ini diganti nama menjadi pesantren Ar-ridwan dengan harapan selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Pesantren ini didirikan atas dasar dan motivasi untuk meningkatkan kuwalitas sumber daya manusia. Sebagai gerakan pemberantasan buta huruf dalam membaca Al-qur’an dan pengembangan pendidikan alternatif  bagi anak-anak kaum muslimin.
Yayasan Ar-ridwan yang tadinya hanya khusus tingkat TK dan SD, tapi sekarang Al-hamdulillah sudah ada tingkat SMP dan SMA terpadu.

Pengasuh

K.H.Zaenal Abidin,S.Ag

Pendidikan

Pendidikan Formal

1. SMP
2. SMA 


Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
 


 


 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah
 

 


 

Alamat

Jl. Wibawa Mukti II Kp. Pedurenan Jatiluhur Jatiaisih Kota Bekasi Jawa Barat.

Kode Pos : 17425

Telepon : (021) 82416629, 82421023

 

 

 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Arwin

    Senin, 13 April 2020

    Assalamualaikum Bpk/ibu..bisa saya minta informasi dan brosur atau formulir pendaftaran masuk Ponpes SMA Ar ridwan..? Terima kasih Wasalammualaikum.