Anak Ini Buat Surat untuk Jokowi karena Sulit Bayar Kuliah

 
Anak Ini Buat Surat untuk Jokowi karena Sulit Bayar Kuliah

LADUNI.ID, Jakarta - Adalah Siti Alliah, perempuan menerima 19 tahun yang baru diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui jalur mandiri. Siti memuji kesulitan membayar uang pangkal kuliah yang memenangkan Rp 15 juta.

Karena kesulitan tersebut, Siti kemudian membuat surat terbuka yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di dalam surat terbuka tersebut, Siti mengungkapkan masalahnya yang sekarang sedang kesulitan membayar uang pangkal kuliahnya.

"Sementara kemarin jam 8 malam, itu (bayar) bisa online ," terang Siti, Kamis (1/8). Hingga saat ini, Siti mengaku masih berpikir keras cara mendapatkan keringanan untuk membayar uang pangkal kuliah tersebut.

"Soalnya kan biaya pangkalnya besar sekali, Rp 15 juta. Merasa nggak sanggup, terus tulis surat itu," tutur mulai SMAN 1 Rao, Kabupaten Pasaman Timur ini. "Uang pangkal harus dibayar sebelum kuliah," tambah Siti.

Dalam surat terbuka yang diterbitkan di blognya tersebut, Siti sangat berharap ada keringan yang bisa disetujui kuliah di Untirta. Siti juga mengaku sekarang sedang menumpang di rumah saudaranya di daerah Serpong.

Sementara tinggal, tinggal di kampung. Dia mengakui itu adalah ibu rumah tangga biasa, sementara membantah adalah petani karet di kampung dengan harapan menerima Rp 1 juta.

"Saya anak ke-4 dari 6 bersaudara. Kakak yang lain bekerja gratis di warung di tempat orang," terang Siti.

Sementara itu, menurut Rektor Untirta, Banten menyatakan surat terbuka yang diberikan kepada Presiden Jokowi ini adalah bentuk hak masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya.

"Ya tidak apa-apa, haknya masyarakat untuk meminta pendapatnya. Jalur mandiri dalam Permenristekdikti dibolehkan meminta biaya pengembangan. Silakan minta beasiswa Bidikmisi harus lulus SNMPTN atau SBNPTN," terang Soleh Hidayat, rektor Untirta Banten, Kamis (1/8).

( Diolah dari berbagai sumber )