Biografi KH. Nursaman Pengasuh Pesantren Nurul Falah Rawawaluh,Tangerang

 
Biografi KH. Nursaman Pengasuh Pesantren Nurul Falah Rawawaluh,Tangerang

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru

3.    Penerus
3.1  Anak-anak
3.2  Murid-murid

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mengasuh Pesantren
4.2  Karier Beliau

5.   Referensi

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Nursaman, lahir di Tangerang pada tanggal 11 bulan April Tahun 1958. Beliau merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan bapak Junedi dan ibu Nafsiah, dan adiknya bernama Ahmad Nawawi.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Nursaman  menikahi wanita sholehah putri KH. Kaming bernama Hj. Khofifah, dari pernikahan itu mereka dikarunia beberapa anak.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1 Mengembara Menuntut Ilmu

Sejak kecil beliau senantiasa dibekali dengan ilmu-ilmu pengetahuan agama oleh keluarganya, wawasan-wawasan tentang keagamaan sudah beliau telan sejak kecil hingga tumbuh dan berakar pada hati dan pikirannya.

Pendidikan KH. Nursaman dimulai dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Gandaria Kec. Mekar Baru Kab. Tangerang-Banten pada tahun 1971. Kemudian
beliau menempuh pendidikan di Perguruan Islam Al- Jauharotunnaqiyyah Cibeber Cilegon-Banten yang dimulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah kelas 4 pada tahun 1971-1974.

Setelah itu, beliau melanjutkan ketingkat Madrasah Tsanawiyah pada tahun 1974-1977, ketika beliau melanjutkan sekolah kejenjang Madrasah Aliyah
beliau masih tetap nyantri di Perguruan Islam Al- Jauharotunnaqiyyah Cibeber Cilegon Banten pada tahun 1977-1980. Di Perguruan Islam Al-Jauharotunnaqiyah Cibeber beliau dididik dengan berbagai ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum.

Dari Perguruan Islam Al-Jauharotunnaqiyah Cibeber itu pula beliau mempunyai inisiatif-inisiatif cemerlang atau pemikiran-pemikiran positif untuk membangun peradaban masyarakat di daerahnya, beliau berkeinginan kuat untuk membawa masyarakat luas ke arah peradaban yang lebih baik khususnya kearah moral dan perilaku sesuai dengan tuntunan agama demi syiarnya agama Islam.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Ahmad Najiullah Lathifi
  2. KH. Kaming

3. Penerus Perjuangan

3.1  Anak-anak
Ust. Ubaidillah Sya’ban

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Mendirikan Pesantren
Sebagai upaya penyaluran ilmu pengetahuan yang beliau miliki selain mendirikan Pondok Pesantren Nurul Falah Rawawaluh, beliau juga mendirikan
Yayasan Pendidikan Islam Nurul Falah dengan dibantu oleh saudara-saudara dari istrinya yang mana didalamnya terdapat tiga jenjang pendidikan formal, yaitu MI, MTs dan SMK.

Semua itu beliau lakukan semata-mata untuk mempermudah penyaluran ilmu-ilmunya kepada masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk
mengenyam pendidikan seperti yang telah dianjurkan agama dan negara dengan demikian penyaluran ilmu pengetahuannya tidak hanya pada lingkungan masyarakatnya saja namun juga sampai kelingkungan masyarakat luar.

4.2 Karier Beliau
Pengasuh Pesantren Nurul Falah Rawawaluh,Tangerang

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
https://repository.uinjkt.ac.id

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya