Pesantren Mu'allimin Mu'allimat Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP4
MA/SMA6 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Mu'allimin Mu'allimat Cirebon

Profil

Semula berdirinya Pondok Pesantren Mu’allimat ini nampaknya sederhana sekali dari kediaman bapak sendiri (Alm. KH. Moh. Amin Halim) yang hanya terdapat beberapa kamar saja untuk keluarga, dari kamar tersebut ada satu kamar yang sengaja disediakan untuk pembantu. Setelah cukup lama pembantu tersebut pulang ke kampung halamannya, namun tak lama kemudian ia kembali dengan beberapa saudaranya.

Kali kedatangan mereka bukan untuk membantu tapi untuk belajar mengaji. Pada mulanya pengasuh menolak kedatangan santri baru, karena keterbatasan tempat, namun kerelaan santri yang menerima apa adanya, ditengah keprihatinan tersebut nampaknya ada juga sebagian wali santri yang ikut memikirkan keberadaan putra putrinya, sehingga dengan rela ia membuat kamar tambahan.

Melihat keadaan yang memprihatinkan itu , KH. Amin Halim dan Ny. Hj. Iyla Rasyichah Masturoh bertekad membangun beberapa kamar untuk mereka, walau hanya sederhana saja karena perkembangan santri cukup pesat sehingga tempatnya tidak memadai, maka atas kesepakatan seluruh wali murid pada tahun 1970 tentang perlunya dibuat kamar tidur, jerambah pondok, Musholla sebagai tempat berjama’ah dan belajar.

Gayung bersambut, setelah berdiri dan  siap untuk ditempati, ternyata dari berbagai daerah berdatanglah santri ke pondok ini. Penanganan dan pengelolaan mulai dijalankan dengan serius, dibentuk kepengurusan dengan memilih ketua pondok dan beberapa pengurus. Pondok Pesantren Putri Mu’allimat yang terletak 15 Km sebelah barat kota Cirebon ternyata semakin dikenal, terbukti dengan melonjaknya jumlah santri.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.