Pesantren Daru Ulil Albab Kab. Nganjuk

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium4
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Daru Ulil Albab Kab. Nganjuk

Profil

Awalnya pondok pesantren megawarna adalah sebuah langgar kecil (surau) di Dusun Kelutan Kec. Ngronggot, Kab. Nganjuk. Kegiatan pengajian di langgar yang dibentuk oleh KH. Aqib Umar Murtojo (alm) dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan agama bagi warga sekitar. Sebagai pendatang, beliau merasa terpanggil untuk berdakwah di tengah masyarakat yang minim pengetahuan agamanya, daerah rawan kriminalitas, perekonomian daerah yang miskin dan tingkat pendidikan masyarakat yang rendah.
 
Konteks tersebut meneguhkan hati KH. Aqib Umar Murtojo untuk mengajak saudara dan familinya mendirikan sebuah pondok pesantren di Dusun Kelutan. Bersama K. Masduqi, K. Ahmad Syakur, Nyai. Markhamah (Isteri), K. Tamamuddin (tetangga) bersama-sama untuk mendirikan pondok pesantren Daru Ulil Albab di tanah wakaf dzuriyah pengasuh seluas 1.330 m2
 
Pembangunan pondok dilakukan secara bertahap. Langgar disepakati dirubah statusnya menjadi masjid milik pondok pesantren. Santri pertama adalah para peserta didik yang sebelumnya mengaji di langgar. Jumlahnya kurang lebih 25 an santri. Sejak pembangunan asrama atau pondok untuk menginap selesai dibangun, jumlah santri makin bertambah menjadi 50 an santri (2003 an). Hingga kini (2013) alhamdulillah jumlah santri pondok pesantren Daru Ulil Albab secara keseluruhan telah mencapai 300 peserta didik.
 
Dekade awal pengembangan pondok pesantren masih difokuskan pada pendidikan agama

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.