Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman Kab. Bogor

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman Kab. Bogor

Profil

Provinsi Jawa Barat memiliki lebih kurang 4.328 lembaga pesantren baik salaf maupun modern (gresnews.com, 06 Januari 2011). Tercatat di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor tepatnya di Desa Waru Jaya pada tahun1998, ketika reformasi digulirkan, Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman didirikan.

Nama al-Ashriyyah Nurul Iman sendiri diambil dari Bahasa Arab, al-Ashriyyah artinya modern. Dengan tujuan kedepannya pondok pesantren ini diharapkan mampu menjadi pusat pembinaan pendidikan agama dan pengetahuan umum secara terpadu dan modern.

Nurul Iman berasal dari dua kata nuur dan al-iman yang artinya cahaya keimanan. Dengan harapan seluruh santri yang belajar di sini akan menjadi para ulama (ilmuwan) yang memiliki kecakapan pengetahuan agama dan pengetahuan umum yang kredibel dan dalam keterpaduannya selalu tak lepas dari keimanan sebagai cahaya yang menjadi asas kehidupannya.

Kemudian, mulailah Beliau membangun sebuah Pondok Pesantren. Pada mulanya para santri menetap di asrama belakang rumah Beliau, rumah itu adalah hibah dari Bapak Gembong. Dengan semakin bertambahnya santri dari waktu ke waktu, tepatnya pada tanggal 16 Juni 1998 Abah (Al 'Alim Al 'Alamah Al Arif Billah Sayyiduna Syekh Al Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim), beserta istri Umi Waheeda binti Abdul Rahman (Pimpinan Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School) merintis pembangunan dengan mendirikan kobong bambu (asrama pertama) yang hanya berukuran 3x4 m (tiga kali empat meter).

Dengan disaksikan para Pejabat Pemda Kabupaten Bogor dan para duta besar dari beberapa negara tetangga, yaitu duta besar Arab Saudi, Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia di atas lahan 17 hektar peletakan batu pertama pendirian Pondok Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman dilaksanakan.

Atas rekomendasi dari Kepala Desa Waru Jaya dan Camat Kecamatan Parung tertanggal 10 Maret 1999, serta telah terdaftar pada kantor Departemen Agama Kabupaten Bogor sejak tanggal 12 Maret 1999 dengan nomor: MI-10/1/PP/007/825/1999.  AKTA PENDIRIAN Yayasan Nomor 18 tanggal 14  Juni 2011, Notaris Bambang Suprianto, S.H., M.H. dan Pejabat Pembuat Akta Tanah SK Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI No. C-319.H.T.03.02-TH.2001 SK Ka. BPN NO. 5-X-2002, tanggal 25 April 2002

Berangkat dari kesadaran bahwa pendidikan adalah hak seluruh insan, tekad Abah dan Umi Waheeda untuk bersama memperjuangkan pendidikan diwujudkan dengan tekad menyelenggarakan pendidikan secara bebas biaya namun dengan tetap menjaga kualitas. Hari demi hari, nama Al-Ashriyyah Nurul Iman semakin familiar di telinga masyarakat, kiprahnya di dunia pendidikan di Indonesia

Pengasuh

  1. Habib Saggaf bin Mahdi Bin Syekh Abubakar
  2. Umi Waheeda Binti Abdul Rahman,S.Ps.I.M.Si

Pendidikan

Jenjang proses edukasi Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman sistem proses berupaya bisa yang memadukan sela sistem proses berupaya bisa salafiyyah yang merujuk pada pembahasan kitab-kitab klasik ( Tafsir Jalalain, Nahwu Al-Jurumiyah, I’mrithi, Alfiyah, Fiqih Safinatun Najah, Ghoyah wataqrib, Fathul Mu’in dll ). Serta system proses edukasi modern yang merujuk pada kurikulum yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS.

Pendidikan Formal

  1. PAUD
  2. TK
  3. Madrasah Ibtidaiyah (MIN/SD)
  4. Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMPN)
  5. Madarasah Aliyah (MA/SMUN)
  6. Sekolah Tinggi Al-Ashriyyah Nurul Iman ( STAINI )

Pendidikan Nonformal

  1. Madrasah Diniah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Marchingband
  8.  Komputer
  9. Pramuka
  10. Seni Hadroh
  11. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  12. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  13. Kursus Menjahit
  14. Pelatihan Pertanian
  15. Pemanfaatan Sampah-sampah menjadi Bahan Kontruksi
  16. Peternakan Ikan

 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula

Alamat

Jl. Nurul Iman No.1, RT.01/01 Desa Waru Jaya, Parung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat

 
Telpon: 0822-1001-0200

Kode Pos : 16330

Email: info@nuruliman.or.id

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Ranj

    Kamis, 2 Januari 2020

    adakah santri usia sd? Apa bisa anak usia 6 tahunan ikut pesantren sekaligus sd disana? Adakh progran khusus untuk anak usia SD?