Masa Lalu Takkan Pernah Kembali

 
Masa Lalu Takkan Pernah Kembali

LADuNI.ID - Pembaruan dan masa depan adalah Niscaya
Masa lalu tak mungkin hadir lagi
Dan Buih itu terbang lalu lenyap

Hari ini masyarakat konservatif-fundamentalis-radikalis di berbagai belahan dunia masih terus berteriak-teriak mencaci-maki orang-orang yang terlibat dalam dunia baru (modern). Mereka akan terus berteriak bahwa pembaruan, inovasi dan kreativitas, adalah kesesatan dan menjerumuskan manusia ke dalam neraka jahannam. Mereka tengah dihantui kecemasan dan ketakutan
menghadapi kebaruan dunia (modernitas) dan perubahan sosial yang cepat dan tak pernah ada pada masa lalu di sana. Mereka terus berteriak mengajak masyarakat kembali ke masa lalu berabad-abad lampau yang konon adalah sebuah dunia yang indah, bagai sorga dan direstui Tuhan.

Tetapi teriakan mereka akan hilang ditelan gemuruh angin yang terus berembus makin kencang.

Roda zaman akan terus bergerak ke depan meninggalkan mereka semakin jauh dan semakin jauh. Air akan terus mengalir ke depan dan tak mungkin kembali ke asal.

Kebaruan, pembaruan dan perubahan adalah keniscayaan alam semesta. Tak seorangpun yang bisa menghentikannya. Diam berarti kematian.

Mereka yang bekerja untuk manusia dan masa depan kemanusiaan akan eksis. Mereka yang hanya teriak-teriak menyalahkan yang lain bagai buih yang perlahan-lahan akan hilang lenyap tanpa makna.

Oleh: Abdul Wahab AHmad

Allah berfirman :

فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاءً ۖ وَأَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الْأَرْضِ ۚ

"Buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak berarti. Tetapi yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap eksis di bumi".