Ziarah di Makam KH. Abdul Hamid, Waliyullah Penyabar dari Pasuruan

 
Ziarah di Makam KH. Abdul Hamid, Waliyullah Penyabar dari Pasuruan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  KH. Abdul Hamid bagi warga Pasuruan sudah tidak asing lagi karena beliau adalah ulama besar dan pengasuh Pesantren Salafiyah ini dikenal dengan keistimewaan dan karomahnya.

Beliau bisa disebut bolamania dan ayahnya, KH. Abdullah Umar tak bisa membendung hobi ini. Karena banyak bermain, ngajinya otomatis kurang teratur walaupun bukan ditinggalkan sama sekali.

Akhirnya, ayahnya mengirim KH. Abdul Hamid untuk mengaji kepada KH. Ma’shum dan KH. Baidhawi. Ketika mulai beranjak remaja (ABG), beliau mulai gemar belajar kanoragan (semacam ilmu kesaktian).

Belajarnya cukup intensif sehingga mencapai taraf ilmu yang cukup tinggi. KH. Zaki Ubaid Pasuruan menuturkan bahwa Dul sampai bisa menangkap babi jadi-jadian.

Meski begitu, sejak kecil beliau sudah menunjukkan tanda-tanda bakal menjadi wali atau, setidaknya, orang besar. Ketika diajak kakeknya, KH. Muhammad Shiddiq (Jember), pergi haji, Dul bertemu dengan Rasulullah SAW. Pada saat haji itulah namanya diganti menjadi Abdul Hamid.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN