Pesantren Darul Hikam Mojokerto

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Profil

Pesantren Darul Hikam terletak di kecamatan Puri, Mojokerto. Sekitar lima belas menit dari terminal Mojokerto menuju arah Pacet yang dikenal sebagai tempat wisata pegunungan terbaik selain Malang di Jawa Timur. Suasana sudah pasti nyaman, jauh dari keramaian.

Pesantren Darul Hikam memiliki jenjang pendidikan dari KB, TK, SD, SMP, dan SMA, namun yang paling menjadi favorit adalah jenjang SMP dan SMA. Di jenjang ini pesantren Darul Hikam menjadi salah satu favorit destinasi untuk wilayah Mojokerto dan Jawa Timur.

Biasanya pondok pesantren memiliki pendidikan MTS dan MA. Tapi pesantren yang dipimpin oleh KH. Maruhan Choteb justru tetap mengikuti standard diknas. Pendidikannya SMP dan SMA, namun dipadukan dengan pola pendidikan pesantren di asrama.  Efeknya, pendidikan formal dan pesantren berjalan simultan.

Sejarah
Pesantren Darul Hikam Mojokerto berdiri pada tahun 2003. Saat itu warga Tambaksuruh, Tambakagung, Puri, Mojokerto bernama Haji Syamsu (Almarhum) melalui KH. Qusairi, KH Qusaiyi dan Sandi Nurhadi mewakafkan tiga petak tanah seluas kurang lebih 2.560 m2 untuk lembaga pendidikan Islam Pondok Pesantren.

Darul Hikam Mojokerto kemudian tumbuh menjadi pondok pesantren yang berkomitmen untuk melahirkan generasi Qur’ani yakni generasi yang menghafal, memahami dan mengamalkan Al Quran.

Ma’had tersebut juga fokus untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan berwawasan global yang dilakukan dengan pemberian latihan (training skill), pembiasaan (habit culturally) dan keteladanan (qudwah hasanah) dengan menggunakan acuan nilai-nilai agama, menggali tradisi serta ditunjang dengan jaringan luas di dalam dan luar negeri.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.