Donald Trump Bentuk Komando Luar Angkasa Militer AS

 
Donald Trump Bentuk Komando Luar Angkasa Militer AS

LADUNI.ID, Pada hari Kamis (29/8/2019), Presiden AS Donald Trump secara resmi mengumumkan pembentukan Komando Luar Angkasa militer AS.

Trump dalam upacara yang menandai pembentukan komando di Gedung Putih mengatakan "Mereka yang ingin mencelakakan Amerika Serikat, untuk berusaha menantang kami di dataran tinggi tertinggi, akan menjadi sebuah permainan yang sama sekali berbeda,".

Pasukan Komando Ruang Angkasa akan menjadi komando penempur ke-11. Selanjutnya komando ini akan bergabung dengan barisan Komando Pusat AS yang mengawasi operasi di Timur Tengah dan Komando Operasi Khusus AS yang mengawasi Pasukan Operasi Khusus.

Komando ini di tahap awalnya hanya akan terdiri dari 287 personel. Namun, lokasi markasnya belum ditentukan hingga saat ini.

Pembuatan komando terjadi ketika AS semakin khawatir tentang ancaman terhadap satelitnya, yang sangat penting bagi operasi militer dan bisnis komersial.

Marsekal John Raymond yang akan menjadi komandan untuk membawahi Komando Ruang Angkasa menandaskan "Ada ancaman yang berkembang. Lingkup, skala dan kompleksitasnya mengkhawatirkan,".

John Raymond juga menambahkan"Ada gangguan satelit komunikasi GPS. Ada ancaman dari sebuah energi diarahkan langsung ke satelit. Ada rudal yang dapat ditembakkan dari daratan dan meledakkan satelit,".

Presiden Trump juga berbicara tentang pembentukan Angkatan Luar Angkasa AS, sebuah cabang militer yang merupakan hasil pengembangan dari Angkatan Udara. Konsep ini mirip dengan bagaimana Korps Marinir duduk di bawah Angkatan Laut.