Pesantren Al Fatah, Jayanihim, Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Fatah, Jayanihim, Cilacap

Profil

Adalah KH. Thoha Almagfurlah yang merintis berdirinya Pondok Pesantren Al-Fatah Jayanihim Donan Cilacap pada tahun 1967. Sebelum  pondok pesantren Al-Fatah didirikan di wilayah  Donan . Almagfurllah hijrah ke kota cilacap pada tahun 1960 dari  pinggiran Kota Cilacap yakni Lebeng Kesugihan. dimana kondisi saat itu sedang bergejolak pemberontakan PKI dimana-mana. bahkan di wilayah donan ini merupakan basis PKI, masyarakatnya  sama sekali tidak mengenal agama.

Pada waktu itu merupakan situasi yang gawat yang tidak menguntungkan bagi perkembangan agama Islam, baik secara social, ekonomi akhlaq dan ini akibat pengaruh paham komunis yang merajalela di Cilacap.  Yang pada akhirnya paham komunis di larang di Indonesia ini karena bertentangan dengan ajaran Agama Islam dan juga bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Setelah meletusnya G 30 S PKI tahun 1965 di wilayah Donan  ada masyarakat yang menghendaki anak-anaknya di ajarkan ajaran Agama diajari ngaji, karena pada saat itu pun telah berdiri Mushola Kecil yang didirika oleh KH. Thoha . Di Musholla kecil inilah anak-anak diajarkan ngaji oleh KH.Thoha yang alumni dari Ponpes Termas di Pati dan Ponpes Lirap Kebumen dibantu oleh putranya yakni KH. Munhamir Thoha.

Dengan kesabaran dan ketekunan KH. Thoha dan Putranya KH. Mjunhamir Thoha, mendidik meraka  dengan pelajaran agama dan sedikit pengetahuan umum, anak-anak  merasa senang dan bersemangat untuk menuntuk Ilmu, karena anak anak didaerah ini tidak mendapatkan Pendidikan/Sekolah dikarenkan tidak mampu membayar uang sekolah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.