Kiai Ma'ruf Amin: Menjaga Persatuan Papua Agamawan Berperan Penting

 
Kiai Ma'ruf Amin: Menjaga Persatuan Papua Agamawan Berperan Penting

LADUNI.ID, Jakarta - Menyikapi persoalan Papua KH Ma'ruf Amin mengatakan tokoh agama berperan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu Kiai Ma'ruf katakan saat menerima tamu para Pendeta Papua dari Gerakan Nasional Religius (GNR) di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/19) siang.

"Atas kejadian itu, kita perlu mendorong para agamawan berperan menjaga persatuan di Papua dan seluruh Indonesia," tutur Kiai Ma'ruf.

Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024 itu pun berpendapat, setiap persoalan yang dihadapi dalam menjaga keutuhan bangsa  perlu diselesaikan melalui langkah pendekatan budaya dan agama.

"Kita selesaikan dengan dialog dan mengambil langkah-langkah melalui pendekatan budaya, pendekatan agama," ujarnya.

Pendekatan itu, lanjut kiai Ma'ruf, adalah upaya-upaya konsolidasi untuk membangun keutuhan Indonesia. Dia pun berharap peristiwa yang menimpa bumi Cendrawasih itu kembali kondusif.

"Mudah-mudahan situasi Papua akan kembali kondusif seperti semula. Amin," ucapnya sembari mendo'akan.

Dia pun menegaskan keberagaman Indonesia merupakan kekayaan yang harus dirawat tanpa merendahkan golongan lainnya.

"Saya menegaskan bahwa kita adalah Indonesia, meski beragam tapi tetap satu. Bagaimana kita satu sama lain saling mencintai dan menyayangi, tanpa merendahkan satu sama lain," tandasnya.

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga mencontohkan tokoh Muslim Indonesia dan Presiden Indonesia keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur terkait menjaga keberagaman.

"Seperti yang dicontohkan oleh Gus Dur pada masyarakat Papua," pungkasnya. (*)