Biografi KH. Anang Sya'rani Arief, Pengasuh Pesantren Darussalam Martapura

 
Biografi KH. Anang Sya'rani Arief, Pengasuh Pesantren Darussalam Martapura

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau
4.2  Karya-karya Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Anang Sya'rani Arief dilahirkan sekitar tahun 1914, di Kampung Melayu, Martapura. Sejak kecil beliau sudah dididik ilmu keagamaan Islam dari orang tua beliau sendiri yang terkenal alim dan saleh.

1.2 Wafat
Beliau wafat pada tanggal 14 Jumadil Awwal (1969 M) dalam usia masih muda 55 tahun dan dimakamkan di Kubah Kampung Melayu Tengah Martapura. Makam Ziarah dan Bertawassul KH. Anang Sya'rani Arief, Banjarmasin,

1.3 Riwayat Keluarga
Beliau menikahi seorang wanita sholehah dan dianugrahi beberapa anak.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Di antara guru-guru beliau di Makkah adalah Sayyid Amin al-Kutbi, Syekh Umar Hamdan, Syekh Ali bin Abdullah al-Banjari, Syekh Bakri Syatha, Syekh Muhammad Ali bin Husein al-Maliki dan Syekh Ahyad al-Bughuri. Dari didikan para guru beliau ini, akhirnya menjadikan beliau sebagai ulama ahli tafsir (Mufassir) dan ulama ahli hadis (Muhaddis) Beliau juga, merupakan salah satu khalifah dari Syekh Umar Hamdan karena beliau tak sekadar berguru, tapi juga ber-khaddam dengan tekun dan patuh.

Setelah selama 22 tahun bermukim, menimba ilmu dan menjadi salah satu pengajar di Masjidil Haram Makkah, beliau dan sang sepupu pulang ke kampung halaman, Martapura sekitar tahun 1952M.

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. Tuan Guru H. Kasyful Anwar
  2. KH. Syarwani Abdan Bangil
  3. Sayyid Amin al-Kutbi
  4. Syaikh Umar Hamdan
  5. Syaikh Ali bin Abdullah al-Banjari
  6. Syaikh Bakri Syatha
  7. Syaikh Muhammad Ali bin Huseinal-Maliki
  8. Syaikh Ahyad al-Bughuri

2.3 Mengasuh Pondok Pesantren
Tidak terlalu lama berada di Martapura, beliau sekitar tahun 1959 ditunjuk secara langsung menjadi Pemimpin PP. Darussalam periode ke 5 (1959-1969), menggantikan Tuan Guru H. Abdul Qadir Hasan yang sudah purna tugas.

3. Penerus Beliau

3.1 Murid Beliau
Di antara murid beliau yang terkenal adalah Tuan Guru H. Mahfuzh Amin (Pendiri PP. Ibnul Amin, Pamangkih), Tuan Guru H. Salim Ma’ruf (Pemimpin PP. Darussalam periode ke 6), Tuan Guru H. Muhammad Zaini Ghani (Guru Sakumpul) sekaligus sebagai mertua dan Tuan Guru H. Mukhtar (Pengasuh PP. Ibnul Amin, Pamangkih). Beliau wafat pada tanggal 14 Jumadil Awwal (1969 M) dalam usia masih muda 55 tahun dan dimakamkan di Kampung Melayu Tengah Martapura.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Beliau juga, dikenal sebagai ulama pendidik yang tak kenal lelah meskipun sakit, pemecah masalah walaupun masalah itu sangat pelik dan pencinta ilmu yang tak henti-hentinya menuntut ilmu sekaligus mengajarkan dan mengamalkannya. Di tengah kesibukan beliau di dunia ilmu dan pendidikan beliau masih sempat menulis beberapa karya seperti Tanwiruth Thullab (Ilmu Ushulul Hadis) dan Hidayatuz Zaman (Hadis-hadis tentang akhir zaman).

Karier
Pengasuh pesantren Darussalam Martapura

4.2 Karya-karya Beliau
diantara kitab kitab karangan beliau adalah
1.Thanwirut Thulab (ilmu yang menguraikan tentang Ushul Hadist)
2.Hidayatuz Zaman (berisi hadist hadist tentang akhir zaman).

5. Referensi

https://www.pp-darussalam.com

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya