Wisata dan Ziarah di Makam Syekh KH.R Ronggo Kusumo Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp0. Donasi Sekarang
 
Wisata dan Ziarah di Makam Syekh KH.R Ronggo Kusumo Pati
Syekh KH.R Ronggo Kusumo adalah salah satu wali lokal yang menyebarkan agama Islam. Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Meruwut yang masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin. Ki Ageng Mruwut sendiri merupakan putra dari Pangeran Tatir atau Sayid Ali yang merupakan putra dari Pangeran Kusumo Negoro. Kusumo Negoro merupakan putra dari Pangeran Hadi Negoro atau Pangeran Benowo yang merupakan anak dari Sultan Hadi Wijaya atau Joko Tingkir.
 
Ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen. Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa Ngemplak.
 
Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam. Masyarakat desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat menghormati Mbah Ronggo Kusumo. Hari wafat beliau, 10 Sapar (Arab: Safar) diperingati sebagai "Khaul Syekh Ronggo Kusumo."
 

 

Lokasi Makam

Makam Mbah Ronggo Kusumo letaknya tidak jauh dari makam Syeh Muttamakin. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit sudah sampai dimakam ini. Makam beliau terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati