Wisata dan Ziarah di Makam Syeik Muhammad Hendro Kusumo Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata dan Ziarah di Makam Syeik Muhammad Hendro Kusumo Pati

Sejarah Singkat

Syeik Muhammad Hendro Kusumo merupakan putra KH Muttamakin ( ulama besar yang sangat terkenal di daerah Pati dan sekitarnya ). Kedatangan Mbah Hendro abad ke-18 ( begitu julukannya ) di Gambiran adalah untuk menuntut ilmu dan sekaligus membantu mengembangkan agama Islam di Gambiran.

Sudah menjadi kebiasaan di kalangan keluarga santri, anaknya akan dipondokkan kepada kyai lain, bahkan sebelum menggantikan posisi bapaknya, kadangkala ia harus mengenyam pendidikan di pondok pesantren lebih dari satu kali. Ternyata Mbah Hendro merasa kerasan tinggal di Gambiran sampai akhir hayatnya beliau dimakamkan di Kajen, Gambiran, Sukoharjo, Margorejo, Pati. Kompleks makam Mbah Hendro terletak di tepi sungai Gambiran.

Makam seluas 0,8 ha ini baru ditemukan oleh masyarakat pada tahun 1972. Sebelum ditemukan, makam ini seperti gerumbul, ditumbuhi semak belukar sehingga tidak nampak sebagai makam. Penemuan makam ini diawali mimpi oleh seseorang, kemudian orang ini mencari daerah itu, dan berhasil menemukannya. Selanjutnya penemuan makam ini dikonfirmasi pada keluarga besar KH Muttamakin, dan akhirnya pihak keluarga membenarkan bahwa makam ini benar makam Mbah Muhammad Hendro Kusumo, dan selanjutnya dibersihkan dan dipugar sehingga layak untuk diziarahi.
 

Route Ke Makam

komplek Makam Dukuh Gambiran Rt. 01 Rw. 05 Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.