Ziarah di Makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul, Waliyullah yang Doanya Makbul

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul, Waliyullah yang Doanya Makbul

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Habib Sholeh al Hamid Tanggul beliau adalah ulama besar yang berasal dari Yaman dan hijrah di Jember, kewalian beliau tidak diragukan lagi, Habib Sholeh al Hamid Tanggul adalah orang yang doanya selalu terkabul dan orang yang sangat dicintai dan disegani.

Nama HHabib Sholeh al Hamid Tanggul kian terkenal dan harum. Kisah-kisah yang menceritakan karamah beliau tak terhitung. Tetapi perlu dicatat, karamah hanyalah suatu indikasi kewalian seseorang. Kelebihan itu dapat dicapai setelah melalui proses panjang yaitu pelaksanaan ajaran Islam secara kaffah (sempurna). Dan itu dilakukan secara konsekwen dan terus menerus (istiqamah), sampai dikatakan bahwa istiqamah itu lebih mulia dari seribu karamah. Banyak yang meyakini, Habib Sholeh Tanggul adalah seorang waliyullah yang dekat dengan Nabi Khidir (Alaihiisalam). Karena itu pula beliau terkenal dermawan, seolah apapun yang beliau miliki ingin beliau berikan kepada setiap orang yang membutuhkannya.

Profil

Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid lahir di Korbah, Ba Karman (Wadi Amd) Hadramaut tahun 1313 H, dari pasangan Hababah Aisyah dari Alabud  Ba  Umar  dari  Masyayikh  Al-Amudi dengan  Habib Muhsin bin Ahmad dikenal dengan sebutan Al-Bakry Al-Hamid, seorang ulama sholeh keturunan Rasulullah SAW yang sangat dihormati masyarakat, banyak  orang  yang  datang  kepada beliau untuk  bertawasul  dan memohon doa' demi tercapainya segala hajat mereka.

Guru-guru Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid:

  1. Habib Muhsin bin Ahmad bin Abubakar Al-Hamid
  2. Said Ba Mudhi di Wadi Amd Hadramaut
  3. Habib Abu Bakar bin Muhammad As-Sagaf Gresik
  4. Habib Husein bin Hadi Al-Hamid (Brani – Probolinggo),
  5. Habib Hamid bin Imam Al Habib Muhammad bin Salim As-Sry (Malang),
  6. Habib Muhammad bin Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid

Lokasi Makam

Habib Sholeh wafat di Tanggul ketika senja pada hari Sabtu, tanggal 8 Syawal 1396 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 2 Oktober 1976 M. Beliau wafat setelah berwudhu dan sebelum sempat melaksanakan shalat Maghrib. Dimakamkan pada hari Minggu, 9 Syawal 1396 Hijriyah, setelah shalat Dhuhur di samping kiblat Masjid Riyadus Sholihin.

Haul

Haul Habib Sholeh al Hamid Tanggul jatuh pada bulan Syawal, Haul beliau diperingati di komplek pemakaman Jalan Kemuning, Krajan, Tanggul Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Jember saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul maka hajat yang diinginkan akan dikabulkan, dimudahkan dalam mencari rezeki,  dimudahkan dalam mencari ilmu yang bermanfaa, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak yang sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Jember di antaranya:
Pao Tape Jember, Prol Tape, Permen Suwar Suwir, Pia Tape, Edamame, Brownies Tape, Tape Manis Sekar Madu, Jenang Waluh.
 

 

 

 

 

 

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah di Makam Habib Sholeh al Hamid Tanggul, Waliyullah yang Doanya Makbul

  • Omaewa Mo Sindheru Omaewa Mo Sindheru