WIsata Ziarah dan Ngalap Berkah di Makam Syekh Anom Sida Karsa Kebumen

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
WIsata Ziarah dan Ngalap Berkah di Makam Syekh Anom Sida Karsa Kebumen

Syekh Anom Sida Karsa yang diketahui adalah seorang waliyullah. Ditelusuri dari silsilahnya ternyata dia masih keturunan ke-5 dari Raden Fatah. "Dullah Sidiq" adalah nama aslinya. Dia hidup pada zaman Hamengku Buwono IV. Konon dia memang keturunan darah biru, namun karena kecintaannya pada Sang Kholiq dia lebih memilih untuk menyebarkan Agama Islam daripada mementingkan pangkat.

Menurut Muhyidin, Juru Kunci Makam, Silsilah beliau bersambung juga dengan Kerajaan Majapahit. Berikut urutan nasabnya Prabu Kertabhumi (Brawijaya V) – Raden Patah – Sultan Trenggono – Sunan Prawoto – Pangeran Kediri – Pangeran Sudarmo – Pangeran Anom atau Syekh Anom Sidakarsa.

Konon, Syekh Anom sengaja datang dan menetap di Kebumen untuk menyantri kepada Syekh Abdul Awal, ulama di Jawa Tengah bagian selatan. Oleh karenanya, tidak heran jika makam Syekh Anom berada tidak jauh dari Makam Syekh Abdul Awwal, yakni sekitar 1,5 kilometer dari makamnya.

Meskipun berasal dari Demak, namun Syekh Anom Sidakarsa lebih menghabiskan akhir hayat di Kebumen untuk menyebarkan agama Islam di daerah ini. Keturunan Ningrat tak membuatnya jumawa, dan beliau lebih senang membaur bersama rakyat.

 

 

Lokasi Makam

Makam Syekh Anom Sida Karsa di Desa Grogolbeningsari, Kecamatan Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Pusat Kota Kebumen atau sekitar 6 km dari Pantai Petanahan, Kebumen.

Pada area makam Syekh Anom Sida Karsa, peziarah dapat melihat pemakaman yang terdiri dari beberapa makam termasuk makam Syekh Anom Sida Karsa sendiri. Sebelum memasuki pintu makam, peziarah biasanya berwudhu di tempat wudhu mushalla yang ada di depannya.