Wisata Religi dan Bertafakkur di Makam K.H. Idris Kacangan Boyolali

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Religi dan Bertafakkur di Makam K.H. Idris Kacangan Boyolali

Biografi Singkat

Kyai Soeratmo atau yang lebih dikenal dengan Mbah Idris, dilahirkan pada tanggal 1 april 1913 M, putra KH. Amir Hasan Yogyakarta dan Ny. Aisyah binti KH. Idris Boyolali. Beliau wafat pada hari rabu pon tanggal 26 Jumadil Akhir 1423 H/4 September 2002 M. II. Pendidikan dan Pergaulan Semenjak kecil beliau sudah tekun dalam menuntut ilmu. Beliau belajar di Manbaul Ulum Slompretan sampai tamat kelas XI dengan nilai yang sangat memuaskan. Selain itu beliau juga pernah belajar dibeberapa Pondok Pesantren, antara lain :

1.Pondok Pesantren Jamsarem, Solo dibawah asuhan KH. Idris.

2.Pondok Pesantren Tremas Pacitan 1941 -1944 M.

3.Pondok Pesantren Bangkalan Madura.

4.Pondok Pesantren Kaliwungu Kendal.

5.Mengikuti Majlis Ta’lim dibawah asuhan Habib Muhsin Bin Abdullah, Solo untuk mempelajari Hadits Bukhori Muslim.

Semenjak beliau menjadi Mursyid, telah puluhan ribu jumlah anggota yang diasuh, terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat. Bahkan beberapa bulan sebelum beliau wafat, beliau masih sempat memba’aiat sekitar 200 orang sambil tiduran karena sudah udzur atau sakit, dan dilakukan bersama atau dijama’.

Lokasi Makam

Mbah KH Muhammad Idris atau KH Soeratmo Kacangan, Andong, Boyolali merupakan tokoh terkenal yang patut kita teladani. Sebagaimana Para Ulama lainnya, Mbah Idris memiliki kebiasaan-kebiasaan baik dalam kesehariannya. 

Komplek Makam K.H. Soeratmo (Mbah Idris) berada di  Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah