Al-Istikhdam dalam al Quran

 
Al-Istikhdam dalam al Quran

LADUNI.ID - al Quran selalu menarik untuk dikaji, keindahan-keindahan susunan bahasa yang dipakainya menyadarkan para penutur bahasa Arab, bahwa bahasa yang biasa mereka pakai sehari-hari menjadi luar biasa dalam al Quran. betapa tidak, al Quran yang semua lafadnya menggunakan bahasa Arab yang mereka kenal, memiliki keistimewaan yang jauh melebihi perkiraan mereka dalam keindahan bahasa, pengakuan atas keindahan al Quran bahkan muncul dari ahli sastra Arab yang tidak beriman, Al-Walid bin al-Mughirah pernah berkata:
فوالله! ما فيكم رجل أعلم بالأشعار مني، ولا أعلم برجز ولا بقصيدة مني، ولا بأشعار الجن، والله! ما يشبه الذي يقول شيئا من هذا، ووالله! إن لقوله الذي يقول حلاوة، وإن عليه لطلاوة، وإنه لمثمر أعلاه مغدق أسفله، وإنه ليعلو وما يعلى، وإنه ليحطم ما تحته
“Demi Allah! Tidak ada di tengah-tengah kalian orang yang lebih memahami syair Arab daripada aku. Tidak juga ada yang lebih tahu tentang rajaz dan qashidah bahkan syiir jin daripada diriku.
Demi Allah! Apa yang ia ucapkan tidak menyerupai itu semuanya. Apa yang ia ucapkan (al Quran) itu manis. Memiliki thalāwatan (kenikmatan, baik, dan ucapan yang diterima jiwa). Bagian atasnya berbuah, bagian bawahnya begitu subur. Perkataannya begitu luhur dan tidak ada yang mengunggulinya, serta menghantam apa yang ada di bawahnya.”

Perkataan ini tentu muncul dari pengakuan dan penilaian yang obyektif terhadap kehebatan susunan bahasa al Quran.
Diantara keindahan susunan bahasa al Quran yang juga menarik untuk dikaji adalah seni/tehnik al istikhdam, yaitu: menyebut lafadz yang bermakna dua dengan salah satu ma’nanya lalu menyebutkan dhomir yang kembali padanya dengan ma’na yang lain.

Berikut beberapa contoh al istikhdam dalam al Quran:
1- al Baqoroh 185:

ﻓَﻤَﻦْ ﺷَﻬِﺪَ ﻣِﻨْﻜُﻢُ ﺍﻟﺸَّﻬْﺮَ ﻓَﻠْﻴَﺼُﻤْﻪُ

"Barang siapa diantara kalian menemui bulan (hilal Romadhon) maka hendaklah berpuasa (pada bulan itu).

Dalam kitab Jawaahir al Balaghah disebutkan bahwa makna lafadz ﺍﻟﺸﻬﺮ yang pertama adalah bulan sabit, lalu dhomir yang kembali kepadanya dalam lafadz ﻓَﻠْﻴَﺼُﻤْﻪُ bermakna bulan (Ramadhan).

2- ar Ra'du: 38-39

لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ يَمْحُوا۟ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ وَيُثْبِتُ ۖ (الرعد: ٣٨ـ٣٩)

...Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).
Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki)

Dalam kitab Badi' al Quran disebutkan bahwa lafadz كتاب mengandung dua makna, pertama makna batas masa yang ditetapkan, kedua bermakna tulisan, dalam rangkaian ayat 38, lafadz أجل disandingkan dengan salah satu makna lafadz كتاب yaitu batas masa yang telah ditetapkan, dan lafadz يمحو disandingkan makna كتاب yang lainnya yaitu tulisan,
sehingga makna ayat diperkirakan adalah:
"Bagi tiap-tiap masa ada batas akhir (yang tertentu).
Allah menghapuskan (tulisan/ketentuan) apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki)

3- al Mukminun 12-13

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن سُلَٰلَةٍ مِّن طِينٍ ثُمَّ جَعَلْنَٰهُ نُطْفَةً فِى قَرَارٍ مَّكِينٍ (المؤمنون ١٢ـ١٣)

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)"

Dalam ayat di atas, lafadz الإنسان yang disebutkan pertama bermakna Adam, dan dhomir yang dikembalikan kepadanya dalam lafadz جعلناه bermakna keturunannya.

4- ar Rum 27

وَهُوَ ٱلَّذِى يَبْدَؤُا۟ ٱلْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُۥ وَهُوَ أَهْوَنُ عَلَيْهِ ۚ
Dan Dialah yang memulai penciptaan, kemudian mengembalikannya kembali, dan mahluq itu lebih remeh bagi-Nya.

Dalam ayat ini, Allah menyebutkan kata الخلق dengan makna masdar (penciptaan) lalu menyebutkan dhamir yang kembali kepadanya, tetapi dengan makna yang lain, yaitu bermakna isim maf'ul (mahluk).

Oleh: