LPBA Ponpes MUDI Mesjid Raya Samalanga, Adakan Lomba Esai Kebangsaan Berbahasa Arab

 
LPBA Ponpes MUDI Mesjid Raya Samalanga, Adakan Lomba Esai Kebangsaan Berbahasa Arab

LADUNI.ID | Bireuen -- LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing) MUDI Mesjid Raya Samalanga bekerja sama dengan Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan sepuluh orang peserta yang dinyatakan lulus ke tahap presentasi lomba esai kebangsaan, Jum’at (25/10/2019). Sepuluh finalis tersebut nantinya akan di undang ke Dayah MUDI untuk mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri agar ditentukan esai terbaik I, II, III dan harapan I, II, III. “Sesuai dengan selebaran yang kita sebarkan sebulan yang lalu berarti peserta akan presentasi nanti tanggal 29 Oktober) 2019 kata Tgk Khairi selaku ketua LPBA MUDI 

Baca Juga: Mudir Ma’had Aly MUDI Samalanga Silaturrahmi Dengan Menag

Lomba ini diperuntukkan bagi santri/santriwati Aliyah pondok pesantren di lima kabupaten seluruh Aceh. Yaitu Bireun, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara, dan Kota Lhokseumawe. Tidak tanggung-tanggung dalam memeriahkan lomba ini, panitia menjanjikan hadiah menarik dengan total keseluruhan Rp. 15.000.000,00 dengan rincian: Juara 1, Rp. 4.500.000,00 + Piala, juara 2, Rp. 3.500.000.00 + Piala, juara 3, Rp. 2.500.000,00 + Piala, juara Harapan 1, Rp. 2.000.000,00 + Piala, juara Harapan 2, Rp. 1.500.000,00 + Piala, juara Harapan 3, Rp. 1.000.000,00 + Piala. Adapun sepuluh peserta yang lulus diantaranya; Razi Saputra, Rizki Batuah Idris Daud, Yuda Maulana, Nismul Fadhila, Syafriadin Capah, Salamuddin, Misnayani, Rizki Ramadhan, Agussalim, dan Muhammad Khalidin.

Tgk Khairi menyampaikan lomba ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan dan melestarikan sastra Arab. Beliau melihat potensi dayah-dayah di Aceh cukup baik dalam hal ini. Hanya saja tidak ada wadah yang menampung mereka untuk mengekspresikan kemampuannya dalam bidang seni tulis. “Alhamdulillah LPBA MUDI bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah berhasil menciptakan wadah itu. Dan untuk Dayah MUDI sendiri baru pertama sekali menyelenggarakan lomba seperti ini, kita berharap ke depannya bisa menjangkau kalangan yang lebih luas lagi” tutup Tgk Khairi sambil mengucapkan selamat kepada peserta yang terpilih.

Sumber: mudimesra.com