Baku Tembak dengan Militer Turki, 6 Tentara Suriah Tewas

 
Baku Tembak dengan Militer Turki, 6 Tentara Suriah Tewas

LADUNI.ID | DAMASKUS - Sebanyak enam tentara Suriah dilaporkan tewas setelah terlibat baku tembak dengan pasukan Turki untuk kali pertama sejak Ankara menyerang Kurdi.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu menyebut milisi Kurdi telah mundur dari perbatasan sesuai kesepakatan dengan Turki awal Oktober ini.

"Penarikan kelompok bersenjata dari teritori di mana koridor keamanan diciptakan telah terselesaikan," ujar Shoigu dilansir media Rusia.

Militer Turki dan pemberontak Suriah yang disokongnya melancarkan serangan atas milisi Kurdi pada 9 Oktober dengan tujuan menciptakan "zona aman" sepanjang 30 km.

Unit Perlindungan Kurdi (YPG) telah sepakat untuk menjauh dari kawasan sepanjang 120 km. Namun baku tembak dilaporkan masih terus berlangsung.

Shoigu menyatakan, penjaga perbatasan Suriah dan polisi militer Rusia telah ditempatkan. Namun situasinya berubah rumit dengan konflik Turki serta Damaskus.

Observatorium untuk HAM Suriah menyatakan, enam tentara tewas dalam konflik senjata yang berlangsung di kota perbatasan kunci Ras al-Ain.

"Artileri Turki membunuh lima personel rezim di ujung desa Assadiya," terang Kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman, dilansir AFP Selasa (29/10/2019).


Selain itu lanjut Rahman, pemberontak Suriah dikabarkan mengeksekusi seorang tentara rezim yang sebelumnya telah mereka tangkap.

Kemudian pada Selasa, Observatorium melaporkan baku tembak antara militer pemerintah Suriah dengan milisi bentukan Turki masih terus terjadi.


Sumber: Serambiindonesia