Ingin Kuliah Gratis, Cek 5 Beasiswa Paling Terkenal di Indonesia Ini

 
Ingin Kuliah Gratis, Cek 5 Beasiswa Paling Terkenal di Indonesia Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Bisa mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah adalah sebuah pencapaian tersendiri, dan ini sangat membanggakan. Apalagi tidak semua orang bisa mendapatkannya. Singkat kata, ini bukan perkara mudah, karena kamu juga perlu melewati seleksi dan memenuhi berbagai persyaratan untuk bisa mendapatkannya. Salah satunya apa? Ya berprestasi. Tidak peduli apapun latar belakangmu. Mau pria ataupun wanita, mau berasal dari keluarga berkecukupan ataupun kurang mampu, intinya satu, berprestasi.

Buat kamu yang ingin menguji kemampuan lewat jalur beasiswa, belakangan ini banyak sekali lho institusi, baik pemerintah maupun swasta yang menawarkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi. Siapapun kamu memiliki kesempatan yang sama besarnya untuk menjadi calon penerima beasiswa tersebut, dengan catatan memenuhi syarat.

Di antara seabreg beasiswa populer di Indonesia, berikut 5 beasiswa yang diperuntukkan buat kamu para lulusan SMA.

1. Beasiswa S1 Bidik Misi

Sama seperti beasiswa Unggulan, beasiswa Bidik Misi juga mengutamakan calon penerima yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun berprestasi. Melalui Beasiswa Bidik Misi, pelamar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Beasiswa ini sudah mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Pelamar yang memenuhi kriteria ini bisa mengikuti Beasiswa Bidik Misi 2019 yang biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru. Nah, kamu sudah siap belum?

2. Beasiswa S1 Unggulan

Beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan ini menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, salah satunya beasiswa S1 bagi lulusan Sekolah Menengah Atas. Bukan hanya di dalam negeri, beasiswa Unggulan yang mulai ditawarkan di awal tahun ini juga memberi kesempatan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Namun demikian, sesuai tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka program beasiswa unggulan  diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Program Beasiswa ini juga mendukung upaya Pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar-kelompok masyarakat, sehingga peluang lebih besar diberikan pada masyarakat kurang mampu atau yang tinggal di daerah tertinggal.

3. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Ada 2 kategori beasiswa yang diberikan disini, yakni reguler dan unggulan. Penerima beasiswa Reguler adalah siswa yang duduk di kelas 1 hingga kelas 3 SMA atau duduk di bangku Perguruan Tinggi mulai Semester 1 hingga maksimal semester 8. Bantuan yang diterima oleh ANBIM penerima beasiswa regular peruntukannya diserahkan kepada masing-masing ANBIM, sesuai dengan keperluan mereka yang dirasa paling mendesak, seperti untuk biaya transportasi, biaya kos, membeli buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, les tambahan, kursus dan lain-lain.

Sedangkan untuk beasiswa kuliah unggulan, diberikan sejak awal hingga selesai menempuh pendidikan di PTN. Beasiswa ini mencakup biaya perdaftaran bantuan uang kuliah, uang buku, uang kost per semester, dan juga uang saku per bulan.

4. Beasiswa Sampoerna Foundation

Meski memberikan pula beasiswa bagi pelajar SMP, namun kekhususan beasiswa sendiri diperuntukkan bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jejang perguruan tinggi. Dimana Sampoerna foundation menyasar penerima beasiswa yang akan menggunakan dana beasiswa untuk biaya kuliah setelah penerima beasiswa lulus dari tingkatan SMA. Kabar baiknya, beasiswa ini bisa diberikan kepada siapapun yang ada di seluruh Indonesia.

Namun demikian, mengingat tujuan beasiswa ini sendiri, yakni untuk membantu para pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi cemerlang, maka salah satu kriteria yang diharapkan dari penerima beasiswa pun pelajar yang memiliki semangat tinggi untuk membangun negeri.

Nantinya yang diberikan Sampoerna Foundation tidak hanya mencakup biaya kuliah penuh selama 4 tahun, tapi juga uang saku. Selain itu, biaya tunjangan buku dan tunjangan biaya internet juga akan diberikan.

5. Djarum Beasiswa Plus

Bukan cuma menjadi salah satu beasiswa paling populer di Indonesia, Djarum Beasiswa Plus juga termasuk yang tertua, jika menilik dari perjalanannya yang telah dimulai sejak 1984. Djarum Beasiswa Plus ditujukan bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

Melalui beasiswa ini, penerima beasiswa tidak hanya mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, tetapi juga berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Tidak hanya itu, Beswan Djarum juga memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa untuk menerapkan berbagai ketrampilannya itu.