Wisata Religi dan Berdoa di Makam KH. M. Tholchah Hasan Malang

 
Wisata Religi dan Berdoa di Makam KH. M. Tholchah Hasan Malang

Sekilas Biografi

KH. Muhammad Tholchah Hasan adalah kiai multitalenta selain sebagai seorang ulama, beliau juga adalah rektor di USM hingga diangkat menjadi Menteri Agama era Gus Dur. Kiai Tolchah pernah menduduki Wakil Rais Aam PBNU mendampingi KH. Sahal Mahfudh.

Gus Dur bahkan pernah menyebut KH Tolchah Hasan sebagai 'Imam Ghazali-nya Indonesia'. Maka tak heran ketika KH Abdurrahman Wahid menjadi Presiden RI keempat beliau diangkat menjadi menteri Agama di era kabinetnya.

KH Muhammad Tolchah Hasan lahir di Tuban Jawa Timur pada 10 Oktober 1936 silam.

Ia memperdalam ilmu agama dengan menjadi santri Tebu Ireng Jombang selama lebih dari enam tahun.  Kuliah S1 di Universitas Brawijaya Malang dan mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa di UIN Hidayatullah Jakarta.

Semasa mudanya ia pernah menjabat sebagai Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Pimpinan Cabang Kabupaten Malang pada era tahun 1960-an.

Sebagai seorang ulama, KH. M Tolchah Hasan adalah sosok dengan keilmuan yang mendalam. Penguasaannya terhadap teks-teks agama ditunjukkan dengan aktivitasnya mengajar di pondok pesantren dan di berbagai perguruan tingi. Sebagai seorang tokoh agama ia juga mampu menciptakan pemikiran-pemikiran segar dalam pemahan terhadap agama. 

KH. M Tolchah Hasan meninggal di Malang, Jawa Timur, 29 Mei 2019 pada umur 80 tahun.



Lokasi Makam

Makam KH. Muhammad Tholchah Hasan berada di kompleks Pesantren Miftahul Falah Bungkuk Singosari, Kabupaten Malang