Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Ma’mun Nawawi Bekasi

 
Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Ma’mun Nawawi Bekasi

Sekilas Biografi

 K.H. Raden Ma’mun Nawawi adalah seorang ulama ternama kelahiran Cibogo, Cibarusah, Bekasi. Kiai Ma’mun Nawawi akrab dengan panggilan Mama’ Cibogo. Lahir pada hari Kamis bulan Jumadil Akhir 1334 H/1915 M. Beliau adalah pendiri dan pengasuh pesantren Al-Baqiyatussolihat Bekasi.

Pendidikan

KH. Ma’mun Nawawi mulai mondok di pesantren Tugabus Bakri bin Seda (Mama Sempur) di Plered, Sempur, Bandung.

Lalu beliau melanjutkan ke pesantren Jawa timur yaitu Pesantren KH. Hasyim Asy’ari Jombang.

Berlanjut  Kemudian KH. Ma’mun Nawawi nyantri di Pesantren Syekh Ihsan Jampes (seorang Pengarang Kitab Siraj al-Thalibin) di Kediri.

KH. Ma’mun Nawawi melanjutkan studinya ke Mekkah selama 2 tahun. Selama di Mekkah, beliau berguru pada lebih dari 13 muallif (pengarang kitab), diantaranya adalah al-Muhaddits as-Sayyid Alawi al-Maliki, Mama KH. Mukhtar Ath Tharid, dan syaikh ‘Ali al Maliki.

Selesai belajar di Mekkah, beliau belajar lagi ke pesantren yang diasuh Syaikh KH. Manshur bin Abdul Hamid al-Batawi, pengarang kitab Sullam an-Nayirain, di Jembatan Lima, Jakarta. 

Mendirikan Pesantren

KH. Ma’mun Nawawi mendirikan Pondok pesantren Al-Baqiyatussolihat pada tahun 1938. Pada masa jaya-jayanya pesantren Al-Baqiyatussolihat pernah menampung sampai 1000 santri dalam satu angkatan. Pesantren Al-Baqiyatussolihat  terkenal sebagai Pesantren Ilmu Falak (Hisab).

Jasa Perjuangan

Pada masa perang kemerdekaan KH. R. Ma’mun Nawawi pernah mengadakan pelatihan militer santri Hizbullah di Cibarusah. Para santri itu kemudian dikirim ke Bekasi untuk menghadapi tentara sekutu secara frontal di bawah komandan yang juga teman seperjuangannya yang dikenal sebagai macan dari Bekasi, yaitu KH. Nur Ali.

Beliau juga meninggalkan karya-karya tulis di antaranya At-Taisir Fi Ilmi Falak, Bahjatul Wudhuh,Manasik Haji, Khutbah JUm’at,Kasyful Humum, Majmu’atu da’wat, Risalah Zakat, syair qiyamat, Risalah Syurbuddukhon dll.

KH. Ma’mun Nawawi Nawawi wafat pada malam Jum’at 26 Muharram 1395 H pukul 01.15 WIB yang bertepatan dengan tanggal 7 Februari 1975 M di Cibogo pada usia 63 tahun (1912-1975). 

 

Makam KH. Ma’mun Nawawi Bekasi

Makam KH. Ma’mun Nawawi Bekasi berada di pemakaman keluarga pesantren  Al-Baqiyatussolihat, Bekasi , Jawa Barat