Pesantren Uniq Nusantara Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Uniq Nusantara Malang

Profil

Awal mula Pondok Pesantren UNIQ ini dirintis sejak tahun 1999 dan di dirikan pada tanggal 17 Agustus 2000 oleh KH. Muhammad Abdul Ghufron yang terletak di sebelah Utara samping kemegahan Masjid Agung Sunan Ampel dan diapit desakan rumah penduduk yang padat. Pondok Pesantren "UNIQ" terletak di Jl. Petukangan Gg. VIII No.09 Surabaya yang dihuni oleh + 150 santriwati dengan ukuran 22 x 2 m² yang terdiri dari 4 lantai dengan status warisan. 

Pondok pesantren UNIQ Tombo Ati adalah salah satu lembaga pendidikan yang mampu melepaskan diri dari wilayah industri yang banyak memjanjikan kehebatan dan kecanggihan intelektual tanpa berpijak pada moral. Hal ini bukanlah fenomena baru, namun yang menjadi baru adalah saat lembaga itu berada di tengah-tengah masyarakat Kota Surabaya yang notabene "peduli akan dunia pendidikan tanpa ada gelisah  sedikitpun atas keterbatasan lembaga tersebut". Semuanya kita serahkan pada hati kita masing-masing. Apakah masih ada kegelisahan melihat dan mendengar dunia pendidikan kehilangan ruhnya sebagai kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual yang memandang kekuatan materi untuk membeli.

 Ulinnuril Islamil Qoyyidi Yang Mempunyai Cahaya Islam Yang Kokoh " adalah kepanjangan dan arti dari "UNIQ", sedangkan pada arti lainnya "UNIQ" berarti Tankiniroh (tak boleh di sepelekan) dan sebutan dari Pondok Pesantren UNIQ adalah "The Benk Uniq Of Tombo Ati" yang artinya the benk (je Beng) di zaman syi'ar kanjeng sunan Kali Jogo berarti; ngger , tole, Kacong, Anak-Anak. Jadi The benk UNIQ Of Tombo Ati berarti "anak-anakYang Mempunyai Cahaya Islam Yang Kokoh dalam menyejukkan jiwa" atau nama yang lainnya yaitu Bengkel Uniq yang bengkel itu sendiri mengandung arti tempat untuk memperbaiki.

 Jadi bengkel Uniq adalah tempat untuk memperbaiki di mana komunitas santri itu sendiri datang dari berbagai latar belakang setatus, seperti Ekonomi (yatim piatu, kaum dhuafa, anak nelayan, tukang becak, gelendangan, kuli,dsbSosial (Kalangan pencuri, Pemabuk, penjudi, Pemakai Narkoba,dan Penzina) Dan Budaya (berbagai kalangan suku/etnis yang ada di Indonesia ini).
 

Pengasuh

  1. KH. Muhammad Abdul Ghufron

Pendidikan

Pendidikan Non Formal

  1. Madin
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Kitab Kuning
  2. Bahtsu Masa'il
  3. Pidato
  4. Seni Kaligrafi
  5. Seni Hadroh
  6. Seni Tilawah Qur'an
  7. Khitobiyah
  8. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro


 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7. Ruang tamu
  8.  Kopontren
  9.  Dapur
  10.  Aula



Alamat

Jl. Dulamin Rt/Rw.01/01, Kel. Pamotan, Kec. Dampit – Malang, Jawa Timur
Telp: 085 258 203 814

Kode Pos: 65181

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.