Pesantren Raudlatul Ulum II Malang

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Raudlatul Ulum II Malang

Profil

Pesantren Raudlatul Ulum II didirikan pada 1983. Pendiri sekaligus pengasuh pertama adalah KH. Qosim Bukhori.

Ponpes ini sebelumnya berdiri di atas tanah seluas satu hektare. Tanah tersebut merupakan wakaf dari H. Mahmuji, yang merupakan mertua KH. Qosim Bukhori, sekaligus tokoh masyarakat setempat. Pendirian bangunan saat itu, dihadiri beberapa ulama besar, seperti KH Yahya Syabrawi, KH Zainulloh Bukhori, KH Fudloli Bukhori, KH Abu Abbas Bukhori dan KH Ismail Bukhori.

Ada 45 santri yang mengawali belajar agama kepada KH. Qosim Bukhori. Kemudian setelah Ponpes RU II berdiri, menjadi 60 santri. Semuanya santri laki-laki. Mereka berasal dari masyarakat sekitar Desa Putukrejo dan dari beberapa daerah lain.

Sebelum berkembang besar, dalam pemberian pelajaran agama, saat itu ditangani langsung oleh KH. Qosim. Pengajarannya meliputi pengajian Alqur’an dan dasar-dasar fikih. Namun karena grafik santri yang terus naik, apalagi dorongan masyarakat untuk mendirikan pendidikan formal, akhirnya pada 1984 didirikan bangunan untuk lembaga pendidikan SMP.

Pendidikan terhadap para santri, saat itu dibantu Mudhoffar Cholipah M.Ag, seorang guru di Madrasah Raudlatul Ulum, Ganjaran. Bentuk pendidikan pada masa-masa awal itu hanya berupa pengajian bandongan kitab kuning yang baca oleh Kiai Qosim Bukhori. Kitab yang diajarkan adalah kitab Alfiyah, yang berisi seribu nadzoman dalam masalah nahwu dan shorof.

Selain itu, juga diajarkan kitab Fath al-Mu’in, sebuah kitab standar pesantren tentang fiqh ubudiyah dan muamalah. Sedangkan Mudhoffar ketika itu membaca kitab Al-Jurumiyah, sebuah risalah kecil pegangan santri pemula untuk mengenal ilmu nahwu.

Karena waktu itu belum ada gedung, proses pendidikan sekolah pada awal pembukaan masih dalam kondisi darurat. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah, ditempatkan di ruang musala pesantren. Jumlah siswa di sekolah pada saat itu, memang tidak banyak. Namun, upaya untuk merekrut siswa baru, selama tiga tahun sejak dibukanya SMP, segala macam pembayaran digratiskan, kecuali dana yang peruntukkan buat ujian saja.

Di samping itu, pihak sekolah mencoba melakukan usaha pendekatan dan menjalin hubungan dengan sekolah-sekolah lain agar mau mengarahkan siswanya melanjutkan pendidikan ke SMP Raudlatul Ulum II. Termasuk menyebarkan seruan dan ajakan ke berbagai sekolah dan pada alumni santri di Ponpes Ganjaran.

Pengasuh

  1.  KH.Qosim Buchori
  2. KH Hamim Kholili 

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. SMP- RU
  2. MAS Raudlatul Ulum II

Pendidikan Non Formal

  1. Madin
  2. Tahfidzul Qur'an
  3. Sorogan Kitab
  4. Latihan Lajnah Batshu Masa'il (LLBM)

Ekstrakurikuler

  1. Kitab Kuning
  2. Bahtsu Masa'il
  3. Pidato
  4. Seni Kaligrafi
  5. Seni Hadroh
  6. Seni Tilawah Qur'an
  7. Khitobiyah
  8. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro
  9. Jam'iyyah Santri
  10. Football Club
  11. Futsall Club
  12. Volly Ball Club
  13. Badminton.

 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
  16. Ruang Praktekum Ketrampilan: Menjahit, Bengkel, Komputer
     


 



Alamat

Jl. Sunan Ampel 2B Putukrejo Gondanglegi - Kabupaten Malang

Telepon: (0341) 878130

Kode Pos: 65174

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.