Luar Biasa, Nama ‘Muhammad’ Masuk Daftar 10 Nama Terfavorit Bayi di AS

 
Luar Biasa, Nama ‘Muhammad’ Masuk Daftar 10 Nama Terfavorit Bayi di AS

LADUNI.ID, Jakarta - Nama Muhammad kini masuk ke dalam daftar 10 nama bayi paling populer untuk anak laki-laki di Amerika Serikat (AS). Nama Muhammad ada di peringkat 10 atau naik empat peringkat dari tahun lalu.

Hal ini seperti dilansir CNN, data ini dikeluarkan situs pengasuhan BabyCenter. Nama Muhammad terus naik peringkatnya selama bertahun-tahun dan pertama masuk 100 besar di tahun 2013.

"Keluarga Muslim sering memilih Muhammad untuk putra sulung untuk menghormati nabi dan membawa berkah bagi anak itu," terang pemimpin redaksi global BabyCenter, Linda Murray, dalam rilis berita, Sabtu (7/12).

Selain itu, nama itu juga memiliki beberapa ejaan, dan itu membantu sebuah nama masuk ke dalam 10 besar," imbuhnya.

Adapun posisi teratas, nama Liam jadi yang terpopuler untuk anak laki-laki. Liam menggeser Jackson yang telah enam tahun berturut-turut ada di posisi nomor satu. Sementara Sophia tetap jadi nama yang paling sering dipakai untuk bayi perempuan. Sophia sudah bertahan selama satu dekade sebagai pilihan pertama orang tua di AS untuk bayi perempuan mereka.

Selain itu, BabyCenter mengatakan datanya berasal dari hampir 600.000 orang tua yang berbagi nama bayi mereka dengan organisasi pada tahun 2019. Peringkatnya juga menggabungkan nama-nama yang terdengar sama tetapi memiliki banyak ejaan (seperti Mohammad dan Muhammad).

Nama-nama asal Arab sedang meningkat, menurut BabyCenter. Di saat nama Muhammad masuk ke 10 besar untuk anak laki-laki, Aaliyah ada di posisi 10 besar untuk anak perempuan.

Isla, nama Skotlandia, juga naik 38 peringkat dari tahun lalu. Eleanor dan Miles tercatat jadi nama dengan kenaikan tercepat kedua.

Administrasi Jaminan Sosial juga membuat peringkat popularitas nama-nama bayi menggunakan catatan semua bayi yang lahir di AS, tetapi agensi memperlakukan setiap ejaan unik sebagai nama yang terpisah.

Agensi belum merilis daftar sendiri, tetapi data Jaminan Sosial menunjukkan Muhammad naik dari peringkat 620 pada tahun 2000 menjadi peringkat 345 pada tahun 2018. Agensi tersebut tidak memasukkan beragam ejaan dalam peringkat itu.

Menurut BabyCenter, 10 nama bayi teratas untuk anak laki-laki dan perempuan tahun 2019, adalah sebagai berikut:

Anak laki-laki:

1) Liam

2) Jackson

3) Noah

4) Aiden

5) Grayson

6) Caden

7) Lucas

8) Elijah

9) Oliver

10) Muhammad

Sedangkan, anak perempuan adalah:

1) Sophia

2) Olivia

3) Emma

4) Ava

5) Aria

6) Isabella

7) Amelia

8) Mia

9) Riley

10) Aaliyah

(jbr/maa)