Biografi KH. Musta’in Romly

 
Biografi KH. Musta’in Romly

Daftar Isi Profil KH. Musta’in Romly

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Kiprah di NU
  6. Mursyid Tarekat
  7. Karier

Kelahiran

KH. Musta’in Romly lahir pada tanggal 31 Agustus 1931 di Rejoso, Jombang, Jawa Timur.

Wafat

KH. Musta’in Romly wafat pada tanggal 21 Januari 1985 di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso (Jombang).

Keluarga

KH. Musta’in Romly melepas masa lajangnya dengan menikahi Chafsoh Ma’som. Buah dari pernikahannya beliau dikaruniai dua anak, yaitu M Rokhmad (almarhun), dan H. Lukman Haqim.

Pernikahan beliau dengan istri pertama hanya sebentar, karena istri beliau meninggal beliau terlebih dahulu. Akhirnya beliau menikah kembali dengan Dzurriyatul Lum’ah. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai satu orang putri, yaitu Hj. Choirun Nisa.

Kemudian beliau menikah lagi, dengan Nyai Hj. Djumiyatin Musta’in. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai tiga orang anak, diantaranya, H. Abdul Mujib, Ahmada Faidah, dan Chalimatussa’diyah.

Setelah itu, beliau menikah kembali dengan Hj Latifa. Buah dari pernikahannya yang terakhir beliau dikaruniai, dua anak, yaitu Siti sarah dan Dewi Sanawai.

Pendidikan

KH. Musta’in Romly kecil, memulai pendidikannya dengan belajar langsung dari kedua orang tuanya. Pada tahun 1949, beliau melanjutkan studi di Semarang dan Solo di Akademi Dakwah Al Mubalighoh, diperguruan ini bakat kepemimpinannya menonjol sehingga pada waktu singkat mengajak sahabat-sahabatnya yang berasal dari daerah Jombang mendirikan Persatuan Mahasiswa Jombang. Studi di Lembaga ini diakhiri pada tahun 1954 M.

Kiprah di NU

Pada tahun 1954, KH. Musta’in Romly mulai aktif di Nahdlatul Ulama Jombang. Kemudian menjadi pengurus IPNU Pusat tahun 1954 sampai 1956. Pada tahun 1963 M beliau Muhibbah ke Negara-negara Eropa dan Timur Tengah, yang huga berziarah ke makam Syeh Abdul Qodir Al Jailani tokoh yang membuat Thoriqoh Qodiriyah, di Irak.

Mursyid Tarekat

Setelah ayahandanya wafat pada  tahun 1958, KH. Musta’in Romly meneruskan perjuangan ayahandanya sebagai mursyid thariqoh dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum. Selain itu, beliau juga merupakan tokoh karismatik dan berpengaruh di Jawa Timur dan Madura.

Karier

Selama masa hidupnya, KH. Musta’in Romly telah banyak berkarier, mulai dari politik hingga akademik. Karier-karier beliau diantaranya:

  1. Aggota DPR - MPR RI tahun 1983 sampai wafat.
  2. Wakil ketua DPP MDI tahun 1984 sampai wafat.
  3. Rektor Universitas Darul Ulum tahun 1965 sampai wafat.
  4. Al Mursyid Toriqoh Qodiriyah Wannaqwsabandiyah tahun 1958.
  5. Ketua Umum Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum tahun 1958 sampai wafat.
  6. Anggota BKS Perguruan Tinggi Swasta tahun 1983 sampai wafat.
  7. Anggota IAUP ( International Association of University President ) 1981 di Chicago.
  8. Ketua Umum Jam’iyah Thoriqot Mu’tabaroh Indonesia pada tahun 1975 sampai wafat.
 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya