Polisi Lakukan Sterilisasi Gereja Bersama Banser

 
Polisi Lakukan Sterilisasi Gereja Bersama Banser

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam rangka melaksanakan patroli ke sejumlah gereja yang ada di wilayah hukumnya, Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan bersama Babinsa Koramil 0830 Bubutan Surabaya melibatkan Banser.

Mereka mendatangi dua Gereja yakni Kristus Tuhan Hosana Jalan Galuhan nomor 1 Surabaya dan Gereja Kristus Tuhan Nazaret yang berada di Jalan Penghela nomor 42 Surabaya. Dalam pengamanan itu, mereka menggunakan sepeda motor.

Anggota Banser satuan kordinasi Bubutan, Setiawan menjelaskan bahwa selain mendapat intruksi dari pimpinan pusat pihaknya bersinergi dengan aparat TNI Polri untuk mengamankan Gereja sebagai rasa toleransi antar umat beragama dan memberikan rasa aman kepada umat Kristiani.

“Tujuannya adalah satu kita dapat intruksi langsung dari pusat agar bisa mengamankan wilayah masing-masing terutama Surabaya, kita tetep berpegang pada istilah jaga Surabaya, toleransi umat beragama tetap harus kita jaga sesuai dengan Pancasila, saling menghormati dan saling menjaga rasa aman saat beribadah,” terang Setiawan, Selasa (24/12) kemarin.

Tidak hanya berpatroli, para Banser juga membantu aparat Kepolisian untuk melakukan sterilisasi di dalam ruangan Gereja tempat umat Kristiani beribadah.

Hal nyaris senada juga disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan, Bripka Sugeng. Dia mengungkapkan bahwa untuk patroli kolaborasi antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan rekan-rekan banser Bubutan, merupakan wujud kerjasama beberapa elemen masyarakat dan suatu toleransi antar umat beragama.

“Sebagai penghormatan ataupun sebagai bentuk kerukunanan umat beragama di wiliyah Bubutan, dengan keterlibatan Banser ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada wilayah lain bahwa kita umat beragama tetap rukun dan saling menghormati, dan menjaga saudara kita yang akan melaksanakan natal dan tahun baru secara aman dan kondusi,” jelas Sugeng.

Atas hal itu, seorang jemaat Gereja Kristus Tuhan Hosana bernama Icha mengungkapkan, patroli gabungan dari TNI Polri serta melibatkan Banser selaku ormas Islam patut mendapat apresiasi sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

“Kita akan merasa aman apabila semakin banyak petugas ataupun ormas lain yang membantu proses pengamanan saat ibadah Natal,” terangnya.