Ziarah di Makam KH. Anas Abdul Jamil Buntet, Muqaddam Pertama Tarekat Tijaniyah

 
Ziarah di Makam KH. Anas Abdul Jamil Buntet, Muqaddam Pertama Tarekat Tijaniyah

Daftar Isi

  1. Profil
  2. Lokasi Makam
  3. Haul
  4. Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
  5. Fadilah
  6. Peninggalan
  7. Oleh-oleh
  8. Sumber

 

Laduni.ID, Jakarta - KH. Anas Abdul Jamil adalah ulama besar dari Cirebon, beliau adalah pengasuh pesantren Buntet Cirebon. KH. Anas Abdul Jamil adalah pembawa Tarekat Tijaniyah pertama di Jawa.

Setelah kepulangannya dari Mekkah, KH. Anas Abdul Jamil menyebarkan ajaran Tarekat Tijaniyah di lingkungan Buntet, Cirebon, Jawa Barat, sehingga pada akhirnya berkembanglah dua tarekat secara bersamaan; Tarekat Syathariyah dipimpin oleh Kyai Abbas dan Tarekat Tijaniyah oleh Kiai Anas.

Keberadaan tarekat ini mendapat sambutan baik, sehingga pengikutnya bukan saja dari Cirebon, Jawa Barat, tetapi juga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beberapa ulama diangkat muqaddam oleh KH. Anas Abdul Jamil, seperti adiknya sendiri, Kyai Akyas dan adik iparnya, Kyai Hawi, Kyai Murtadha, Kyai Abdul Khair (Buntet, Cirebon), Kyai Muhammad Shalih (Pesawahan, Cirebon), Kyai Bakri (Kesepuhan, Cirebon), Kyai Muhammad Rais (Cirebon), Kyai Ismail Badruzzaman (Garut, Jawa Barat), Kyai Muhammad (Brebes, Jawa Tengah), Kiai Sya’rani dan Syekh Ali Basalamah (Jati Barang, Brebes), Kyai Jauhari (Prenduan Sumenep, Jawa Timur) dan Kyai Khazin (Banyuanyar, Probolinggo).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN