Biografi KH. Marzuqi Mustamar

 
Biografi KH. Marzuqi Mustamar
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Mendirikan Pesantren
3.2  Kiprah di Nahdlatul Ulama

4.    Karir-Karir
5.    Karya-Karya
6.    Chart Silsilah Sanad
7.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Marzuqi Mustamar lahir pada tanggal 22 September 1966 M di Blitar. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Mustamar dengan Nyai Hj. Siti Zainab.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Marzuqi Mustamar menikah dengan Nyai Sa’idatul Mustaghfiroh. Dari pernikahannya, beliau dikaruniai dua anak laki-laki dan lima perempuan. Putra-putri beliau diantaranya:

  1. Habib Nur Ahmad,
  2. Ning Diana Nabila,
  3. Ning Millah Shofiya,
  4. Gus M. ‘Izzal Maula,
  5. Ning ‘Izza Nadila,
  6. Ning Rossa Rahmania,
  7. Ning Dina Roisah Kamila.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan

Saat duduk di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah sampai sebelum belajar di Malang, beliau mulai belajar ilmu nahwu, shorof, tasawuf dan ilmu fikih kepada Kyai Ridwan dan Kyai-Kyai lain di Blitar. Sejak SMP, beliau diminta mengajar Al-Qur’an dan kitab-kitab kecil lainnya kepada anak-anak dan tetangga beliau. Pada usia yang masih remaja tersebut, beliau sudah mengkhatamkan dan faham kitab Mutammimah pada saat beliau kelas 3 SMP.
 
Selepas dari SMP Hasanuddin, beliau melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar. Kyai Marzuqi Mustamar muda merupakan pemuda yang beruntung sebab di usia beliau yang masih muda itu, beliau sudah mendalami ilmu agama ke beberapa orang kyai di Blitar. Di antaranya, beliau mendalami ilmu balaghoh dan ilmu mantek kepada Kyai Hamzah. Mendalami ilmu fiqih kepada Kyai Abdul Mudjib dan ngaji Ilmu Hadis kapada Kyai Hasbullah Ridwan.
 
Ketika beliau duduk di bangku Aliyah, beliau sudah khatam kitab Hadis Muslim dan kitab-kitab kecil lainnnya. Sebelum beliau belajar di Malang, selama di Blitar yang mengajar beliau adalah Orangtua beliau, Kyai Hasbullah Ridwan yang masih eyang beliau, Kyai Hamzah dan Kyai Mujib adalah guru beliau di MAN Tlogo.
 
Setamat dari MAN Tlogo pada tahun 1985, beliau melanjutkan jenjang pendidikan formalnya di IAIN (sekarang UIN Maulana Malik Ibrahim) Malang, yang waktu itu masih merupakan cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk menambah ilmu agama yang sudah beliau dapat, beliau nyantri kepada KH. A. Masduqi Machfudz di Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono.
 
Mengetahui kecerdasan dan keilmuan Kyai Marzuqi yang di atas rata-rata santrinya yang lain, akhirnya Kyai Masduki memberi amanah kepada Kyai Marzuki untuk membantu mengajar di pesantrennya, meskipun saat itu Kyai Marzuki masih berusia 19 tahun.

2.2 Guru-Guru
KH. Marzuqi Mustamar juga belajar kebeberapa kyai dan pengasuh pesantren. Guru-guru beliau di antaranya:

  1. KH. Ridwan,
  2. KH. Hamzah,
  3. KH. Abdul Mudjib,
  4. KH. Hasbullah Ridwan,
  5. KH. A. Masduki Mahfudz.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Mendirikan Pesantren
Selang satu bulan setelah menikah, KH. Marzuqi Mustamar bersama istri mencoba mengadu nasib dan hidup mandiri. Saat itu pilihannya adalah daerah Gasek, Kecamatan Sukun. Yang dicari adalah rumah kontrakan yang dekat masjid. Dari pencariannya tersebut, didapatlah rumah salah seorang warga yang bernama Pak Har dengan diantar santri Pondok Nurul Huda.

Tanpa diduga sebelumnya, pada hari pertama menempati rumah itu, ternyata sudah banyak santri yang datang mengaji. Di rumah sederhana itulah Kyai Marzuqi mengajar para santri. Mereka yang waktu itu belajar merupakan cikal bakal santri dan pesantren yang kini menjadi benteng utama umat di Wilayah Gasek. Rumahnya tak lagi mampu sebagai tempat belajar.

Waktu itu di Daerah Gasek sudah ada Yayasan Sabilurrasyad yang sudah memiliki lahan luas. Namun, setelah beberapa tahun didirikan, yayasan ini belum bisa berkiprah secara optimal. Akhirnya Kyai Marzuqi bekerjasama dengan Yayasan mendirikkan pesantren dengan nama Pesantren Sabilurrasyad.

3.2 Kiprah di Nahdlatul Ulama
KH. Marzuqi Mustamar aktif di organisani Nahdlatul Ulama, beberapa jabatan pernah beliau duduki, diantaranya:

  1. Ketua PCNU Kota Malang,
  2. Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur,
  3. A'wan PBNU 2015-2020,

4. Karir-Karir

  1. Anggota Komisi Fatwa MUI Kota Malang,
  2. Imam dan khatib, pemateri pengajian tetap Masjid Agung Jami’  Malang,
  3. Imam dan khatib, pemateri pengajian tetap Masjid Sabilillah Malang dan banyak masjid besar lain,
  4. Dosen Humaniora dan Budaya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,
  5. Penulis tetap di Media Ummat rubrik mutiara hadits dan tanya jawab.

5. Karya-Karya
KH. Marzuqi Mustamar juga dikenal sebagai penulis, karya beliau diantaranya:

  1. Al-Muqtathafat li ahl Al-Bidayat,
  2. Solusi Hukum Islam,
  3. Mutiara Hadis.

6. Chart Silsilah Sanad        
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Marzuqi Mustamar dapat dilihat DI SINI.
 

7. Referensi

  1. pwnujatim.or.id,
  2. nubontang.or.id.

Artikel ini sebelumnya dibuat pada tanggal 22 September 2022 dan diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 5 Januari 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya