Masjid Saka Bu’ana Baru Diresmikan dengan Desain Bambu yang Indah

 
Masjid Saka Bu’ana Baru Diresmikan dengan Desain Bambu yang Indah

LADUNI.ID, Jakarta - Sebuah masjid indah nan asri terbangun di Tol Tangerang-Merak. Masjid tersebut didesain dengan menggunakan bambu yang mambuat betah para jamaah yang beribadah di dalamnya. Ya, masjid itu adalah Masjid Bambu Saka Bu’ana yang diresmikan pada Senin tanggal 20 Januari lalu.

Sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman GNFI, Masjid Bu’ana memiliki desain dari masjid bambu dan bermodel seperti perahu nangkub atau dengan posisi tengkurap. Menurut Yayasan Bambu Indonesia masjid ini memiliki arsitektur khas Jawa Barat bahkan, masjid bambu ini bisa dibilang terbesar di dunia.

Selain itu, keindahan Masjid Saka Bu’ana ini juga terlihat dari keunikan berupa bentuknya yang serat akan makna filosofi islami. Seperti adanya lima buah banbu runcing yang terletak di bagian mihrab yang memiliki arti rukun islam serta juga ada bambu yang berbentuk tudung puteri yang melingkar enam bilang potongan yang menggambarkan rukun iman.

Lebih dari itu, Masjid Saka Bu’ana juga memiliki dua buah tiang bambu terbesar di bagian mihrab yang memiliki arti dua kalimat syahadat. Luas bangunanya sendiri memiliki ukuran 260 meter persegi warna dari masjidnya sendiri yaitu menggunakan cat pernis supaya terlihat lebih menarik.

Sementara itu, di bagian menara masjid juga dibuat dari struktur bambu dan memiliki tiga undakan pada ujung menara dan terdapat tulisan Allah dan juga dipasang pengeras suara.

Ketika masuk ke dalam, maka kita akan disambut dengan gazebo yang bertulisakan lafadz Allah dan Muhammad diatasnya. Dan ketika ingin masuk lebih dalam lagi kawan GNFI yang mau beribadah akan merasakan hawa sejuk sebab, interior masjid sendiri seluruhnya menggunakan ornamen bambu.