Biografi KH. Ghozalie Masroeri

 
Biografi KH. Ghozalie Masroeri

Daftar Isi Profil KH. Ghazalie Masroeri

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Kiprah Di Nahdlatul Ulama (NU)
  5. Karier

Kelahiran

KH. Ghazalie Masroeri atau yang kerap dipanggil dengan Kiai Ghazalie, lahir pada 21 April 1939 di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah.

Wafat

KH. Ghazalie Masroeri mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Suyoto Bintaro Jakarta, pada Rabu 19 Februari 2020, pukul 10.45 WIB. Jenazah beliau dimakamkan di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah.

Pendidikan

KH. Ghazalie Masroeri memulai pendidikannya dengan belajar sekolah dasar di lingkungannya. Kemudian setelah selesai, beliau menlanjutkan dengan belajar di Madrasah Tsanawiyah Krapyak Yogyakarta selama 6 tahun. Setelah menamatkan pendidikan di MTs, beliau melanjutkan pendidikannya di Kuliyyatul Qadla Universitas Nahdlotul Ulama (UNU) Surakartadi Fakultas Hukum Islam, dan selesai pada tahun 1958.

Kiprah di Nahdlatul Ulama (NU)

KH. Ghazalie Masroeri adalah seorang pribadi yang tertib administrasi dan sangat teliti. Maka sejak tahun 1958 –1970, beliau mulai menjadi anggota Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama (IPNU) dari mulai anggota biasa sampai dengan pimpinan pusat.

Di tahun 1966–1971 juga beliau masuk sebagai anggota Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia  (PMII) dari anggota biasa sampai menjadi pengurus  wilayah Jawa Tengah.

Di tahun 1977 –1982 beliau menjadi pengurus wilayah Gerakan Pemuda  Ansor (GP Ansor).

Karier

Dalam perjalanan kariernya, KH. Ghazalie Masroeri pernah menjabat anggota DPR RI dua kali periode yaitu tahun 1973-1977 dari partai NU dan  tahun  1977-1982  dari fraksi partai PPP. Di tahun 2000 beliau menjadi anggota Komisi Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai sekarang.

Di tahun yang sama juga, beliau masuk menjadi  anggota Tim Hisab Rukyat (THR) Kementerian Agama RI sampai sekarang. Dan di tahun 1979 sampai sekarang beliau menjadi salah satu anggota Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan membidangi tiga bagian yaitu sebagai A’wan, Katib dan Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU).