Biografi KH. Taufiqurrohman Subkhi

 
Biografi KH. Taufiqurrohman Subkhi
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Taufiqurrohman Subkhi

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Guru-Guru
  4. Mengasuh Pesantren
  5. Mursyid Thariqah
  6. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Taufiqurrohman Subkhi lahir di Kabupaten Pekalongan

Pendidikan

KH. Taufiqurrohman Subkhi memulai pendidikannya dengan belajar di Pondok Pesantren Krapyak. Setelah selesai, beliau melanjutkan pendidikannya dengan belajar di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah lulus, beliau membantu Mbah Ali Maksum di Pondok Krapyak.

Guru-Guru

KH. Taufiqurrohman Subkhi berguru ke Syekh Masduqi Lasem. Syekh Masduqi sendiri murid dari Syekh Umar Hamdan Al-Mahrasi al-Makki, Syekh Abbas al-Maliki al-Makki, Syekh Muhammad Ali bin Husein Al-Maliki Al-Makki, dan Syekh Al-Baqir.

Mengasuh Pesantren

KH. Taufiqurrohman Subkhi adalah pengasuh Pondok Pesantren At-Taufiqy yang berlokasi di Desa Rowokembu Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Beliau mendorong agar santri menguasai berbagai bidang keterampilan, selain selalu menjaga kebersihan dan kedisiplinan.

Pengajian rutin mingguannya selalu dihadiri oleh ribuan pengunjung yang berjajar dari gerbang pesantren sampai ke rumah-rumah penduduk.

Mursyid Thariqah

KH. Taufiqurrohman Subkhi adalah seorang mursyid Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah. Bersama beberapa tokoh lain, beliau di bai’at tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah oleh Syekh Nadzim al-Haqqani. Jika ada yang mau berbaiat, Syekh Nadzim dan Syekh Hisyam sering mengarahkan kepada kiai Taufiq.

Chart Silsilah Sanad 

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Taufiqurrohman Subkhi dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 27 November 2020, dan terakhir diedit tanggal 02 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya