Pesantren Al-Lathifiyyah 1 Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al-Lathifiyyah 1 Jombang

Profil

Ponpes Putri Al-Lathifiyah yang berlokasi di Jombang merupakan pondok putri yang pertama kali berdiri di lingkungan Ponpes Bahrul Ulum Tambak beras Jombang. Keberadaan Pondok tersebut terjadi pada abad ke 20 yang didirikan oleh Alm Nyai Lathifah istri dari KH.Chasbullah yang atau ayah kandung dari KH.Abdul Wahab.

Pada awalnya, pondok tersebut hanya mempunyai 15 santri orang yang ikut belajar kepada Nyai Lathifah, santri tersebut terus dibimbingnya dirumah. Tak lama kemudian, KH. Abdul Wahab mempunyai inisiatif untuk membangun surau putri yang akan dijadikan tempat belajar sekaligus tempat tinggal santri.

Namun, pada tahun 1942 Nyai Latifah wafat dan kemudian tanggung jawab dan kiprahnya dilanjutkan oleh menantu beliau yakni Nyai Wahab. Beberapa kamar pun didirikan dan selanjutnya diberi nama Ponpes Putri Al-Lathifiyah dengan dicetuskanya nama Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas oleh KH.Wahab. 

Karena mendapat perhatian dari masyarakat, pondok tersebut terus mengalami perkembangan yang pesat, Sekitar tahun 1971 muncul berita duka, KH.Wahab wafat dan pondok tersebut dijalankan oleh Nyai Wahab bersama putri dan menantunya. Upaya penertiban administrasi kependidikan utamanya dibidang ketata usahaan mulai tampak pada tahun 1970-an. Struktur organisasi kepemimpinan mulai dibentuk. Selain tetap mengupayakan pengembangan fisik juga melestarikan model asli pendidikan islam.

Pada tahun 1980 upaya pengembangan program kependidikan utamanya keterampilan keorganisasian dan kemasyarakatan bagi santri semakin berpeluang. Santri santriwati sering berdiskusi mengenai perkembangan zaman(bahtsul masail) dari kajian forum forum agama lalu dibuatlah wadah media yang dapat mengembangkan hasil diskusi santri yaitu wadah kresan (kreasi santri) sebagai media pelatihan dunia kewartaan santri.

Serta forum aswaja sebagai forum diskusi tentang masalah-masalah umum aktual kemasyarakatan terutama berkaitan dengan perempuan, hal itu tidak terlepas dengan peran serta Nyai Hj.Mundjidah Wahab bersama KH. Imam Asyari hingga Ibu Nyai Wahab wafat.

Pada tahun 1994 Nyai Wahab berpulang dan tanggung jawabnya di serahkan kepada Nyai Hj. Mahfudloh Aly Ubaid dengan didampingi putra dan putri Nyai Wahab terutama Ibu Nisful Laila dan Agus Rokib. Pada tahun 1990 an itu telah mengalami peningkatan pesat. Dimunculkannya GBHPK (garis-garis besar haluan program kegiatan). 

Tahun 1996 dimulai dengan pembangunan fisik(fasilitas gedung). Kemudian pengembangan dalam bidang non fisik pun tak ketinggalan,dalam meningkatkan keilmuwan ke islaman

Pada tahun 2005 Ponpes Putri Al-Lathifiyah mencoba memberikan pembelajaran yang lebih berkualitas bagi para santri melalui program pelaksanaan MADIN (Madrasah Diniyah). 

Beberapa pendidikan yang ada di Ponpes tersebut saat ini diantaranya Pengajian Kitab Kuning, Selain itu Pendidikan Madrasah Diniyah, Madrasah Alquran dan Tilawah, Kursus bahasa Arab, inggris dan kaligrafi, Pendidikan ASWAJA dan beberapa kegiatan lainnya diantaranya Pesantren Kilat, Jamiyatul Quro, Pengkaderan Banjari dan Qosidah, Organisasi Daerah Latihan Kepemimpinan

Bahkan tidak hanya pengajian namun juga penyaluran bakat lewat berbagai lomba-lomba,puisi,karya seni,menyanyi musikalisasi dan banyak lainya untuk persiapan bekal dunia dan akhirat. Hingga saat ini Pondok tersebut berpenghuni ratusan santri dan berbagai penjuru yang ada di Indonesia. Berbagai kegiatan santri pun juga jalan sesuai dengan kebutuhan dan kreatifitas santri. bahkan setiap satu tahun sekali diadakan temu alumni pondok tersebut.

 


Pengasuh

  1. Nyai Lathifah
  2. Nyai Wahab
  3. KH Abdul Wahab Chasbullah
  4. Nyai Hj.Mundjidah Wahab
  5. KH. Imam Asyari
  6. Nyai Hj. Mahfudloh Aly Ubaid

 

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MI Bahrul Ulum
  2. MTsN Tambakberas
  3. MTs Plus Bahrul Ulum
  4. MTs FH Bahrul Ulum
  5. SMP Bahrul Ulum
  6. MAN Tambakberas
  7. MA WH. Bahrul Ulum
  8. MA Bahrul Ulum
  9. MA FH Bahrul Ulum
  10. MMA Bahrul Ulum
  11. MAI Bahrul Ulum
  12. SMU Bahrul Ulum
  13. SMK Kreatif Bahrul Ulum
  14. SMKTI Annajiyah Bahrul Ulum
  15. IAIBAFA Tambakberas
  16. STIKES Bahrul Ulum
  17. UNWAHA Tambakberas

Pendidikan Non Formal

  1. Tahfidzul Quran
  2. Madrasah Diniah

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Voli
  15. Basket
     




Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
3. Gudang
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Dapur
11. Aula
12. Lapangan
13. Kantor



Alamat

Jln. KH Abd Wahab Chasbullah gang pondok Tambakberas Jombang Jawa Timur

Kode Pos: 52358

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.