Peristiwa-Peristiwa Besar yang Bersejarah di Bulan Ramadhan

 
Peristiwa-Peristiwa Besar yang Bersejarah di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: istockphoto, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa di antara sebelas bulan lainnya. Pada bulan yang mulia ini, semua umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah yang sama, mulai dari puasa, shalat Tarawih, Witir dan lain sebagainya. Bulan puasa pun menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena di dalamnya penuh dengan rahmat dan keberkahan.

Selain memiliki banyak keutamaan, ternyata terdapat beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di bulan Ramadhan. Semua itu telah dikehendaki oleh Allah SWT dan bukan karena kebetulan. Lalu umat Islam bisa mengambil hikmah dari berbagai peristiwa tersebut. 

Di antara peristiwa-peristiwa besar yang bersejarah di bulan Ramadhan adalah berikut ini:

1. Diturunkannya Al-Qur'an

Kitab Suci Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam, turun pertama kali saat bulan suci Ramadhan. Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Peristiwa besar tersebut dikenal dengan Nuzulul Qur’an. Turunnya Al-Qur'an yang dimaksud adalah wahyu yang pertama kali diterima oleh Nabi Muhammad SAW di saat itu. Pada peristiwa tersebut turunlah lima ayat yakni Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Wahyu pertama yang berisi surat tersebut disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saat berkhalwat di Gua Hira' selama berbulan-bulan. Turunnya Al-Qur’an ini juga menandakan bahwa Nabi Muhammad telah diangkat menjadi seorang nabi sekaligus rasul yang memiliki kewajiban menyampaikan risalah dari Allah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN