Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

 
Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

LADUNI.ID, Jakarta - Buka puasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kenikmatan yang paling ditunggu setelah seharian menahan lapar dan dahaga, berbuka puasa rasanya kurang lengkap jika tidak mengkonsumsi buah kurma selain sunnah juga mampu membuat kenyang dan punya rasa yang khas. Allah SWT melebihkan posisi buah kurma dari buah lainnya dengan menyebutnya di dalam Alquran lebih dari 20 kali. Salah satunya dalam surat Ar-Ra'd ayat 4.

وَفِى الْاَرْضِ قِطَعٌ مُّتَجٰوِرٰتٌ وَّجَنّٰتٌ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّزَرْعٌ وَّنَخِيْلٌ صِنْوَانٌ وَّغَيْرُ صِنْوَانٍ يُّسْقٰى بِمَاۤءٍ وَّاحِدٍۙ وَّنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلٰى بَعْضٍ فِى الْاُكُلِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ (٤)

wafii al-ardhi qitha'un mutajaawiraatun wajannaatun min a'naabin wazar'un wanakhiilun shinwaanun waghayru shinwaanin yusqaa bimaa-in waahidin wanufadhdhilu ba'dhahaa 'alaa ba'dhin fii alukuli inna fii dzaalika laaayaatin liqawmin ya'qiluuna

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.

Berikut manfaat mengkonsumsi buah Kurma

1. Kaya Nutrisi
Tak banyak yang tahu, kurma ternyata adalah buah yang kaya akan nutrisi. Bahkan buah ini memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar lainnya.

Selain kalori, berdasarkan Nutrition Data yang dikeluarkan oleh USDA National Nutrient, masih banyak nutrisi lainnya yang ada dalam 3,5 ons atau 100 gram kurma. Nutrisi lain yang dimaksud adalah karbohidrat, serat, protein, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6,

2. Melancarkan Pencernaan
Kurma bisa dibilang sebagai salah satu buah yang memiliki sumber serat yang tinggi. Dalam 3,5 ons saja, terdapat hampir 7 gram serat di dalamnya. Jadi, buah ini sangat bagus untuk kamu yang butuh asupan berserat, termasuk ketika sedang berpuasa.

Sebuah tim peneliti dari The First Affiliated Hospital of Soochow University, China melakukan penelitian yang berjudul “Effect of dietary fiber on constipation: A meta analysis” pada tahun 2014. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah permasalahan sembelit. Penelitian itu sendiri dipublikasikan di International of Clinical and an Experimental Medicine.

3. Mengontrol Gula Darah
Selain membantu kelancaran pencernaan, kandungan serat dalam kurma ternyata juga memiliki manfaat yang lain. Hal ini dibuktikan oleh dua peneliti dari Kansas State University yang pernah melakukan sebuah penelitian terkait hal ini pada tahun 2010 silam.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal

Nutrients MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute) ini, ditemukan bahwa serat yang ada pada kurma mampu mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh manusia. Serat ini membantu mencegah kadar gula darah yang melonjak tinggi setelah makan.

4. Menyehatkan Tulang
Buat kamu yang memiliki permasalahan pada tulang, mengkonsumsi kurma bisa jadi pilihan. Sebab, buah ini memiliki kandungan banyak mineral yang menyehatkan tulang seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Cristina Palacios, seorang profesor di Florida International University pada tahun 2006, yang berjudul “The role of nutrients in bone health, from A to Z” mengatakan kalau semua kandungan mineral tersebut dapat mencegah potensi terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Punya Antioksidan Tinggi
Mengutip studi yang dipublikasikan di International Journal of Clinical and Experimental Medicine pada tahun 2014, terdapat sebuah tim dari College of Applied Medical Sciences, Qassim University, Arab Saudi yang meneliti tentang kurma.

Dalam penelitiannya, ditemukan kalau kurma memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia seperti mengurangi resiko terkena penyakit. Lebih lanjut, antioksidan mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit.

6. Mempercepat Persalinan
Siapa yang menyangka kalau buah seukuran ibu jari orang dewasa ini bisa membantu meringankan proses persalinan pada wanita hamil. Manfaat ini ditemukan oleh penelitian yang dilakukan oleh 5 peneliti di Iran, yang berasal dari Mashhad University dan Shahid Beheshti University pada tahun 2017.

Dalam penelitian mereka yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institute of Health, terungkap bahwa wanita yang mengkonsumsi kurma di minggu-minggu terakhirnya sebelum melahirkan dapat meringankan risiko persalinan diinduksi.

Nggak cuma itu aja, mereka yang setiap hari mengkonsumsi kurma mulai dari minggu ke-37 kehamilan, akan menjalani proses persalinan rata-rata 4 jam lebih cepat dari mereka yang tidak memakan kurma.