Hikmah Disembunyikannya Malam Laylatul Qodar

 
Hikmah Disembunyikannya Malam Laylatul Qodar

LADUNI.ID, Jakarta -  Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah Malam Kemuliaan (Laylatul Qadar), yaitu suatu malam yang telah Allah SWT karuniakan kepada umat Nabi Muhammad SAW dan tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya.

Suatu malam yang sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Qadar ayat 3-5 disebutkan bahwa :

“Malam kemuliaan (laliatul qadar) itu lebih baik daripada 1000 bulan ; Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.; Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Namun demikian, mengapa Allah SWT merahasiakan kapan waktu datangnya malam tersebut?

Bukankah Allah SWT bisa saja menetapkan suatu malam dalam waktu tertentu, sehingga setiap orang bisa siap menyambut datangnya malam tersebut untuk mendapatkan kemuliaannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Jufri mengatakan bahwa hikmah dari disembunyikannya Laylatul Qadar adalah agar setiap orang beriman selalu “siaga” dalam keadaan selalu beribadah seraya menunggu dan mengharap karunia Allah SWT.

Dengan demikian, hubungan kita dengan Allah SWT tidak didasarkan hanya pada satu waktu tertentu. Misalkan dia beribadah pada satu malam, lalu berpaling kepada Allah pada malam yang lain, inilah kebijaksanaan Allah SWT kepada kita.

Lebih jauh menurut Habib Ali Aljufri, dengan merahasiakan Laylatul Qadar, setiap orang beriman selalu memelihara kondisi untuk senantiasa memandang Allah SWT dengan pandangan yang baik dan positif.

Dengan pandangan yang baik dan positif tersebut, maka ketika orang beriman mencari keridhaan-Nya, dan semakin berharap atas karunia-Nya, maka semakin banyak cahaya bertambah didalam hatinya.

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam hadits qudsi: "Aku adalah seperti prasangka hamba-Ku kepada-Ku."

Semakin kita berpikir baik dan positif tentang Allah SWT, maka akan semakin tumbuh kebaikan dalam hati kita; begitu pula semakin kita meyakini bahwa Allah akan memberikan karunia kepada kita, maka akan semakin banyak karunia yang Allah akan berikan kepada kita.

Hal ini dapat meningkatkan dan memelihara hubungan kita dengan Allah SWT yang merupakan rahasia di balik Laylat al-Qadr, rahasia di balik Ramadhan dan rahasia di balik setiap ibadah yang kita lakukan.

Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk senantiasa mengisi malam-malam Ramadhan dengan ibadah serta menghadiahkan kemuliaan Laylatul Qadar yang penuh berkah kepada kita semua, Amin ya Rabb al-‘Alamin..

_______________________________________________________________________________________
*Tulisan ini diambil dari laman Facebook kalam Ulama