Amalan Guru Sekumpul agar Harta Berkah Melimpah dan Rumah Tangga Harmonis

 
Amalan Guru Sekumpul agar Harta Berkah Melimpah dan Rumah Tangga Harmonis
Sumber Gambar: Freepik, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap orang menginginkan rezekinya dilancarkan dan berkah. Tidak hanya itu, setiap orang juga ingin memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Dalam hal ini, Abah Guru Sekumpul pernah memberikan nasihat bagi kita semua agar mengamalkan dzikir dan amaliyah supaya kita mendapatkan limpahan rezeki yang berupa keberkahan harta dan supaya rumah tangga harmonis, dan juga dapat menggapai kebahagiaan akhirat.

Dalam sebuah ceramah, Abah Guru Sekumpul pernah mengatakan:

“Di setiap mau masuk ke dalam rumah di depan pintu ucapkan “Assalaamu’alaikum” (السلام عليكم) kalau ada orangnya di dalam. Kalau tidak ada orangnya di dalam, maka ucapkan “Assalaamu ‘alaina wa’ala ‘Ibadillahis Sholihin” (السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين). Kemudian setelah baca salam tadi, diteruskan dengan membaca Surat Al-Ikhlas (Qul Huwallahu Ahad) 3x sambil berjalan masuk ke dalam rumah.”

Dengan melakukan itu, Insya Allah tidak sampai setahun maka akan dapat sugih (kaya harta dan penuh berkah). Tidak hanya yang membacanya yang kaya harta, tetangganya pun ikut kaya harta berkat dari bacaan amalan tersebut.

“Adapun amalan supaya rumah tangga harmonis, di setiap mau masuk rumah bacalah Ayat Kursi cukup 1x saja. Insya Allah rumah tangga jadi harmonis, damai, rukun dan aman dalam rumah tangga,” tegas Abah Guru Sekumpul.

Ternyata pesan Abah Guru Sekumpul ini bukan sembarang nasihat, karena hal itu telah disabdakan oleh junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Sebagaimana riwayat yang terdapat di dalam Kitab Tafsir Al-Qurthubi. Riwayatnya disebutkan dari Sahal bin Sa'ad As-Sa'idi. Berikut teks lengkapnya:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ: شَكَا رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْفَقْرَ وَضِيْقَ الْمَعِيْشَةِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا دَخَلْتَ الْبَيْتَ فَسَلِّمْ إِنْ كَانَ فِيْهِ أَحَدٌ، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ أَحَدٌ فَسَلِّمْ عَلَيَّ، وَاقْرَأ " قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ " مَرَّةً وَاحِدَةً، فَفَعَلَ الرَّجُلُ فَأَدَّرَ اللهُ عَلَيْهِ الرِّزْقَ، حَتَّى أَفَاضَ عَلَيْهِ جِيْرَانِهِ

"Dijelaskan bahwa bahwa Sahal bin Sa’ad r.a berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad SAW dan ia mengadukan kefakiran yang menimpanya. Lalu beliau bersabda: ‘Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untukku (dalam sebuah riwayat disebutkan: untuk dirimu), dan bacalah Qul Huwallahu Ahad.’ Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpahruahkan rezeki orang tersebut, sehingga mengalir kepada tetangga-tetangganya."

Mudah-mudahan berkah Rasulullah SAW, Datu Kalampayan, Abah Guru Sekumpul, para auliya dan orang-orang sholeh, diampuni segala dosa dan kesalahan dhohir bathin kita seumur hidup, qobul segala hajat, selamat dunia akhirat, husnul khatimah dan masuk surga bi ghoiri hisab. Amin. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 10 Juni 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Muhammad Zainuddin

Editor: Hakim