Subhanallah, Inilah Pesan Berharga dari Nyai Hj Nur Chalimah Chudlory

 
Subhanallah, Inilah Pesan Berharga dari Nyai Hj Nur Chalimah Chudlory

LADUNI.ID, Jakarta - "Nyangoni bocah mondok kuwi paling apik seko hasil bumi,(Memberi sangu kepada anak yang mondok itu paling bagus dari hasil bumi)," dawuh ibu nyai Hj Nurhalimah Ch.

Beliau bercerita saat masih memondokkan putra putri beliau. Sangu atau uang saku untuk keseharian pondok yang paling utama adalah hasil bumi.

Saat masih memondokkan, beliau teringat betul selalu memberikan saku dari hasil bumi terutama kebun. Ini berhubungan kehati hatian dalam hal perkara syubhat. Karena makanan menjadi sangat vital bagi pertumbuhan otak, tubuh, juga akal fikiran.

KH Abdurrahman Ch juga selalu mengingatkan dan juga menjelaskan perihal tentang makanan, bahkan secara detail beliau dawuh

"Maeman sing wis mlebu nang jero awak arek dadi siji Karo organ tubuh liyane, diolah dadine daging, getih, sing nyebar nang sekabehane awak. (Makan yang sudah masuk ke dalam diri anak jadi satu dengan organ tubuh lainnya, diolah menjadi daging, getih, yang menyebar ke seluruh badan)."

Nek panganan mau asale ora halal, mongko arep dadekne wong mau abot nglakoni ngibadah, (Kalau makanan itu asalnya tidak halal, maka untuk melakukan ibadah itu akan berat)"

Itulah sedikit dawuh beliau. Semoga beliau simbah Nyai Hj. Nur Chalimah Chudlory sehat selalu. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin…

(Simbah Nyai Hj. Nur Chalimah Chudlory Tegalrejo)